Duniaekspress,  15 Juli 2017. Sedikitnya tiga orang tewas pada hari Jumat dalam sebuah kebakaran besar yang melanda sebuah gedung apartemen bertingkat tinggi di Honolulu yang tidak memiliki sistem sprinkler, kata petugas pemadam kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran menanggapi kebakaran sekitar pukul 15:15 waktu setempat (8:15 pm ET). Pukul 6:47 waktu setempat, walikota Honolulu Kirk Caldwell men-tweet, “Api di Gedung Marco Polo di Waikiki secara resmi ‘terkendali’. Mahalo untuk semua penanggap pertama”.

Api dimulai di lantai 26 – di mana korban ditemukan dan menyebar ke lantai ke-28 dari bangunan Marco Polo 31 lantai, juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Honolulu Kapten David Jenkins mengatakan.

Selain 3 korban tewas,Jenkins mengatakan setidaknya 12 orang membutuhkan bantuan medis.

Kepala Pemadam Kebakaran Honolulu Manuel Neves mengatakan bahwa tanpa keraguan apakah ada penyiram, api tidak akan menyebar melewati unit yang dimulai.

Sekitar 100 petugas pemadam kebakaran dan lebih dari 20 unit mobil kebakaran dikirim ke tempat kejadian.

Ratusan warga lari dari bangunan itu saat asap mengepul dari bangunan setinggi 568 unit, yang dibangun pada tahun 1971. Petugas pemadam kebakaran mengatakan ada laporan tentang orang-orang yang terjebak dalam unit mereka di gedung yang terbakar.

Bangunan tersebut merupakan rumah bagi banyak warga lanjut usia dan orang-orang dengan kemampuan fisik yang beragam, kata beberapa pejabat.

“Kami bisa melihat asap mengepul dan tanah itu hangus di luar tangga”, penduduk lantai 32 Patrick Williamson mengatakan kepada The Associated Press, menambahkan dia dan anak-anaknya, yang berusia 10 dan 12 tahun, dievakuasi saat mereka mencium bau asap. “Saya merasa khawatir, khawatir dan sedikit marah”, katanya.

“Agar api bisa mengatasinya agak sedikit mencurigakan, entah petugas pemadam kebakaran terlambat menanggapi atau ada sesuatu yang terjadi di unit itu. Either way orang bertanya-tanya apa yang terjadi dan saya merasa sedikit kurang aman tinggal di bangunan.”

Puing-puing bisa terlihat jatuh dari bangunan, menurut ABC affiliate KITV.(AB).