Duniaekspress, 6 agustus 2017. – Pasukan Suriah dilaporkan telah merebut markas terakhir ISIS di provinsi Homs pada Sabtu (05/08). Jika benar, hal itu dapat membuka jalan mereka untuk menyerang ekstrimis di Suriah timur.

Wilayah ISIS di Al-Sukhna

Wilayah Al-Sukhna, sekitar 70 kilometer timur laut kota kuno Palmyra yang terkenal, adalah kota terakhir yang menuju kota timur Deir Zour. Kota tersebut telah dikepung rezim Suriah sejak awal 2015.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah lembaga pengamat yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa pasukan rezim Suriah telah berhasil merebut kota tersebut setelah tembakan artileri berat dan serangan udara dilakukan oleh sekutunya, Rusia.

Tidak ada konfirmasi resmi dari rezim Suriah atas laporan tersebut. Sementara kantor berita negara SANA mengatakan tentara telah mengepung kota dari tiga sisi.

Sejak bulan Mei, pasukan Suriah telah melakukan kampanye militer yang luas dengan dukungan Rusia untuk merebut kembali gurun pasir yang luas yang memisahkan ibukota Damaskus dari Deir Zour dan kota-kota lain di sepanjang Lembah Efrat.

Beberapa waktu lalu, ISIS banyak kehilangan wilayah di Iraq selain menghadapi banyak serangan di Suriah. Pasukan Kurdi Suriah yang didukung AS juga dilaporkan telah menguasai lebih dari separuh benteng terpenting ISIS di Raqqah.

Sumber: Al-Arabiya.

(AB).

baca juga, 481 WARGA SIPIL TEWAS DI RAQQAH