Dikenal sebagai Lautan Api di Bandung, ibu kota Jawa Barat. : Fakaza

Bandung, ibu kota Jawa Barat dengan fakta menarik

Ibu kota Jawa Barat terletak di kota Bandung. Banyak sekali orang yang menyukai provinsi Jawa Barat karena keindahan alam dan dinginnya yang bisa dirasakan wisatawan. Sehingga provinsi Jawa Barat ini memiliki 18 kabupaten dan 9 kota. Bandung sebagai ibu kota didirikan pada tanggal 25 September 1810, sehingga sudah cukup tua.

Jika sampai saat ini ibu kota suatu provinsi atau negara sering diibaratkan sebagai daerah yang luas, yaitu padat dan terlihat lemah, namun berbeda dengan kota Bandung. Ada banyak hal menarik yang anda temukan  di Bandung untuk dinikmati sendiri atau bersama dengan orang-orang terdekat.

Dengan kehidupan yang telah melampaui 2 abad, ternyata Bandung menjadi saksi bisu perjalanan sejarah bangsa Indonesia dan dunia. Banyak juga momen penting yang terjadi di kota Kembang ini.  Jika  kamu  penasaran dengan berbagai fakta menarik tentang Kota Bandung, kamu bisa membaca ulasan berikut ini.

Asal ibu kota Jawa Barat

Utamanya, asal usul nama Bandung yang mungkin belum banyak diketahui orang, termasuk orang-orang di dalamnya. Jadi Kota Kembang ini sebenarnya terbentuk dalam proses pembentukan Sungai Chitarum dari lahar, yang dilukis oleh Gunung Tangkuban Perahu. Diyakini bahwa daerah yang terbentuk adalah sebuah kota, sehingga disebut dengan kata Bandung, yang berasal dari kata bukit pasir.

Namun, ada yang menyebutkan bahwa asal usul nama kota ini adalah falsafah Sunda, yang memiliki frasa sakral, yaitu “nge-Bandung-an Banda Indung” – ternyata ini berarti segala sesuatu yang ada dan hidup di bumi, dan atmosfer membutuhkan makhluk hidup dan benda mati.

Ibu kota Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang masih padat dengan berbagai jenis budaya Sunda. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Bandung memiliki reputasi yang agak filosofis, di mana ia memasukkan alam sebagai tempat semua makhluk hidup dan benda mati yang akan lahir dan hidup di Bumi, dan keberadaannya akan terlihat dari Utara.

Meskipun cukup filosofis dan memiliki banyak arti, tidak semua orang dari Kota Kembang memahami hal ini. Berawal dari pemilihan nama saja, sudah memiliki makna sejarah yang cukup unik untuk membuat Bandung terlihat dieksplorasi.

Ibu kota Jawa Barat juga merupakan ibu kota Asia-Afrika.

Fakta menarik berikutnya yang dapat Anda temukan di  Kota Bunga sering disebut   ibu kota Asia-Afrika. Pada saat itu, bersama dengan India, Myanmar, Pakistan dan Sri Lanka, menjadi jelas bahwa Indonesia adalah salah satu negara perintis Konferensi Asia Afrika yang diadakan pada tahun 1955.

Tujuan konferensi ini adalah untuk memperkuat ikatan persaudaraan antara negara-negara Asia dan Afrika, serta untuk memerangi kolonialisme Barat. Selama konferensi menjadi jelas bahwa kota Bandung menjadi tuan rumah KTT dan dihadiri oleh 29 negara dari benua Asia dan Afrika.

Ibu kota Jawa Barat itu berhasil mencapai 10 poin kesepakatan dalam konferensi tersebut. Akhirnya, deklarasi Dasasila Bandung ditandai sebagai benih terbentuknya gerakan non-blok pada tahun 1961.

Mengharukan dan berani menyaksikan dunia, ternyata Kota Bandung pernah dikenal sebagai ibu kota Asia dan Afrika, meski tidak resmi. Pada saat itu, perdana menteri India mengatakan bahwa “Bandung adalah ibu kota Asia Afrika.”

Bahkan hingga saat ini, bangunan yang digunakan untuk konferensi masih berdiri kokoh. Salah satu bagian dari bangunan ini digunakan sebagai museum Konferensi Asia-Afrika, yang dikunjungi oleh beberapa wisatawan untuk liburan pendidikan bagi anak-anak. Kota yang penuh warna ini sangat menarik, karena pariwisatanya cukup penuh.

Dikenal sebagai Lautan Api di Bandung, ibu kota Jawa Barat.

Mungkin kamu sudah  tidak asing lagi dengan lagu Halo-Halo Bandung, di mana liriknya menyebutkan bahwa kita adalah Bandung lautan api. Bagi orang yang bukan bandung, mungkin merasa penasaran dengan apa yang dimaksud dengan Lautan Api. Tetapi jika Anda  mengambil pelajaran sejarah ketika Anda masih di sekolah dasar, Anda   pasti sudah memahami hal ini.

Jadi yang ada dalam pikiran Bandung Lautan Appi adalah momen bersejarah pada 23 Maret 1946.At saat itu ada sekitar 200.000 warga yang membakar rumahnya, membuat kota ini seperti lautan api.

Warga membakar rumahnya dan meninggalkan Bandung untuk menuju daerah pegunungan di Bandung selatan. Pembakaran massal rumah-rumah tentu tidak mungkin tanpa alasan, sehingga masyarakat berusaha mencegah pasukan Sekutu dan Belanda NIKA menggunakan ibu kota Jawa Barat, Bandung, sebagai markas militer strategis selama perang kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa ini tentunya sangat bersejarah bagi Indonesia, sehingga terkenal dalam sebuah lagu yang mungkin sudah dikenang bahkan oleh generasi muda sekalipun. Peristiwa sejarah yang agak heroik ini akan terus dikenang hingga hari ini.

Bahkan ada Bandung Memorial of the Sea of Fire yang bisa Anda  temukan untuk menandai momen bersejarah ini. Tempatnya di Jalan BKR, Ciateul, Bandung. Anda  dapat mengunjungi monumen bersama anak-anak Anda atau orang-orang terdekat.

Ibu kota Jawa Barat, Bandung, menjadi pusat mode

Selain cerita, ternyata Kota Bandung memiliki satu hal lagi yang cukup menarik, yaitu menjadi salah satu pusat fashion di Indonesia. Bahkan, sudah menjadi fakta bahwa dalam banyak hal diketahui di mana Bandung adalah tempat fashion terbaik.

Ibu kota Jawa Barat ini sering dikunjungi oleh para pecinta fashion. Padahal, sudah sangat lama sejak Kota Kembang menjadi salah satu pusat fashion di Indonesia.  Anda  dapat  menemukan berbagai merek terkenal dari luar negeri dan di dalam negeri yang dapat dibeli dengan harga standar.

Jika Anda ingin mendapatkan merek terkenal dari luar negeri, harganya mungkin tidak jauh berbeda dengan beberapa tempat lain. Namun jika Anda menginginkan produk lokal, maka Anda berpikir bahwa fashion di Bandung memberikan harga yang relatif lebih murah.

Selama ini, ibu kota Jawa Barat  seperti pusat bisnis. Berapa banyak perusahaan toko pakaian yang mencari berbagai model fesyen terbaru dengan harga terjangkau untuk dijual kembali. Tidak hanya untuk masyarakat Bandung, hal ini sering dilakukan oleh sebagian masyarakat di luar daerah.

Keunikan Kota Kembang sebagai salah satu pusat fashion di Indonesia sangat diapresiasi oleh masyarakat. Hampir semua wisatawan yang datang ke kota pasti akan mencari pusat perbelanjaan dengan harga yang cukup murah.

Masih banyak sekali fakta menarik yang  bisa kamu  temukan dari kota kembang api.  Sebagai salah satu masyarakat Indonesia, rasanya sangat penting untuk mengetahui potensi kota yang satu ini. Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan yang selalu berkunjung ke daerah Bandung hanya untuk menjelajahi sisi kota yang menarik.

Anda bisa mencoba menikmati liburan di kabupaten Bandung dan merasakan kenyamanan berkecil hati saat berada di  ibu kota Jawa Barat bersama orang-orang terdekat.

Baca Juga :