Duniaekspress‌y, 18 Agustus 2017- Polisi Spanyol mengatakan bahwa mereka membunuh tersangka pelaku dugaan “serangan teroris” di kota Cambrils, selatan Barcelona, Jum’at (18/8/2017)

Pejabat setempat menyatakan, enam warga sipil dan satu petugas polisi terluka saat sebuah mobil melaju ke kerumunan orang di resor pantai Spanyol di Cambrils pada hari Jumat pagi, kejadian tersebut terjadi beberapa jam setelah serangan mematikan serupa di dekat Barcelona.

Layanan darurat di Catalonia mengatakan dua orang yang terluka dalam kondisi serius.

Polisi menembak mati lima penyerang di Cambrils – 120 kilometer selatan Barcelona dan mengatakan bahwa mereka “mengerjakan hipotesis bahwa teroris yang ditembak mati di Cambrils dapat dikaitkan dengan apa yang terjadi di Barcelona”.

 

Apakah ISIS Terlibat ?

Berita tersebut muncul beberapa jam setelah polisi melakukan pemburuan terhadap pengemudi van yang menabrak kerumunan orang di salah satu jalan tersibuk di Barcelona yang ​​menewaskan 13 orang dan melukai 100 lainnya.

Polisi Catalan mengatakan dalam akun twitternya bahwa regu bom di Cambrils akan melakukan beberapa ledakan terkendali setelah mereka menentukan titik serangan dengan menggunakan sabuk peledak.

Negara Islam Irak dan Syuriah (IS, juga dikenal sebagai ISIS) mengatakan melalui kantor berita Amaq ada hari Kamis (17/8) bahwa ISIS bertanggung jawab atas serangan sebelumnya di Las Ramblas, tempat wisata populer di Barcelona.

Kepala polisi Catalan Josep Luis Trapero mengatakan dua orang telah ditangkap sehubungan dengan serangan tersebut, seorang warga Maroko dan seorang warga Spanyol yang berasal dari Afrika Utara, Melilla.

Namun, pria ketiga yang dipercaya sebagai supir van tersebut, masih dalam pelarian, kata Trapero kepada wartawan.

Serangan terhadap Las Ramblas “jelas merupakan serangan teroris yang dilakukan dengan maksud membunuh sebanyak mungkin orang,” katanya.

Van membajak kerumunan Barcelona yang menewaskan seikitnya 13 orang
Dia juga mengatakan bahwa sebuah ledakan yang menewaskan satu orang dan menghancurkan sebuah rumah di kota Alcanar, 200km selatan Barcelona, ​​pada Rabu malam, “jelas” terkait dengan serangan tersebut.

(IF)

baca juga ISIS/IS KLAIM LAKUKAN TEROR DI SPANYOL