Duniaekspress, 27 September 2017 – Pejuang Suriah menembak jatuh sebuah helikopter Rusia dengan sebuah rudal TOW di provinsi Hama, saat pasukan rezim meningkatkan kampanye udara di Suriah barat laut.

Kelompok pejuang Jaish al-Azza, bagian dari aliansi Free Syria (FSA), mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah “menghancurkan sebuah helikopter Rusia” di dekat desa Allatamneh di desa utara kota Hama, seperti dilansir Zamn Wasl, Selasa (25/9/2017)

Fajr al-Ismael, petugas pers di Jaish al-Azza Rebel, mengatakan bahwa awak kapal tersebut mungkin sudah tewas

Pada bulan September 2017, Jaish al-Azza juga menghancurkan sebuah helikopter Suriah dengan rudal TOW di dekat desa Rahbat Khatab.

Pekan lalu, Hayat Tahir al-Sham yang didukung oleh 5 faksi pejuang lainnya, melancarkan serangan besar di benteng rezim di Hama dan Idlib selatan. Serangan tersebut merupakan yang terbesar di kawasan itu sejak Maret.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa “pemberontak” telah melancarkan serangan Idlib untuk menghalangi kemajuan rezim tersebut di provinsi Deir Ezzor.

“Sedikitnya 42 orang tewas dalam serangan udara Rusia dan Suriah di provinsi Idlib utara sejak hari Minggu saat tentara rezim tersebut memperluas serangan darat dan udaranya di daerah yang dikuasai pejuang yang termasuk dalam perjanjian zona de-eskalasi,” kelompok penyelamatan Pertahanan Sipil (White Helmet) mengatakan pada Selasa (26/9).

“Serangan udara mematikan tersebut juga telah menewaskan 40 pejuang dari kelompok Faylaq al-Sham di desa Mardikh dekat kota Idlib,” menurut berita oposisi.

(IF)

baca juga, SERANGAN UDARA TEWASKAN 50 WARGA SIPIL DI HAMA SURIYAH