Duniaekspress, 29 september 2017. Jakarta – Kapolsek Sawah Besar Eka Baasith mengatakan, sebanyak 108 orang peserta massa aksi 299 sudah berkumpul di kawasan Masjid Istiqlal, pada Jumat (29/9) pukul 6.00 WIB.

Peserta yang telah datang berasal dari berbagai daerah di luar Jakarta. Yakni, Lumajang, Jombang, Madiun, Mojokerto, Malang, dan Lampung.

Setibanya di Stasiun Senen subuh tadi, kata Eka, mereka berjalan kaki menuju Istiqlal. Peserta hendak melaksanakan ibadah sholat Jumat di masjid tersebut sebelum melakukan long march ke Gedung MPR/DPR RI.

Ia menambahkan, aparat gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP yang berjaga di kawasan Istiqlal diestimasikan berjumlah 209 petugas.

“Kalau pengamanan, sekarang masih ada yang mengatur lalu lintas, jadi terbagi dua,” ujar Eka.

Salah seorang peserta aksi asal Depok, Ari mengaku sudah tiba dari pukul 6 pagi dan menunggu arahan dari sesama massa aksi untuk pergerakan selanjutnya.

“Kita menunggu instruksi, akankah sholat Jumat di sini atau Masjid DPR,” ujarnya.

long marc massa aksi 299 ke jakarta

“Kemungkinan mereka hanya ingin tahu rasanya jumatan di Istiqlal,” ujar Eka di Masjid Istiqlal, Jumat (29/9).

Adapun Aksi 299 bertujuan untuk menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) dan menolak kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Para peserta akan menyampaikan aspirasinya di depan Gedung DPR RI karena sasaran dari aksi tersebut adalah untuk menyampaikan pendapat dan menemui perwakilan dari anggota DPR.

(AB)

baca juga, ALIANSI ORMAS ISLAM SE JABODETABEK TEKEN PETISI MENOLAK PERPU ORMAS