Duniaekspress, 4 November 2017. – Militer AS mengatakan telah melakukan dua serangan udara terpisah terhadap kelompok negara Islam Irak dan suriah (ISIS) di Timur Laut Somalia yang menewaskan beberapa anggota kelompok tersebut.

“Serangan hari Jumat (3/11) berkoordinasi dengan pasukan pemerintah Somalia,” kata militer AS yang dikutip Al Jazeera, Sabtu (4/11/2017).

Komando Afrika AS (AFRICOM) mengatakan pemogokan pertama terjadi pada kira-kira tengah malam waktu setempat, dengan serangan kedua terjadi sekitar pukul 11:00 waktu setempat.

“Saat ini kami sedang menaksi hasil dari penyerangan tersebut,”

Laporan dari Somalia menunjukkan bahwa ISIS telah merekrut anggota di sana sejak menjadi aktif di negara tersebut meskipun skala aktivitasnya jauh lebih kecil daripada al-Shabab.

Sedikitnya 350 orang tewas dalam sebuah pemboman truk di ibukota Mogadishu bulan lalu, negara penghuni terbesar telah ini telah menyaksikannya.

Baca Juga: LEDAKAN DAHSYAT GUNCANG MOGADISHU

ISIS merebut kota pelabuhan di daerah pegunungan Puntland bulan lalu.

Pernyataan AFRICOM mengatakan bahwa pasukan AS akan terus bekerja sama dengan Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) dan Pasukan Keamanan Nasional Somalia (SNSF) untuk menargetkan para pejuang, kamp pelatihan mereka dan tempat berlindung yang aman di seluruh Somalia.

Dari Tanduk Afrika di timur sampai Sahel, yang mencakup Afrika Tengah dan Barat, pasukan keamanan yang didukung oleh pasukan Barat telah meningkatkan upaya untuk melawan kelompok-kelompok bersenjata seperti ISIL, Boko Haram, al-Shabab dan al-Qaeda.

Presiden negara-negara Sahel, termasuk Mali, Niger, Mauritania, Burkina Faso dan Chad, sedang mengerjakan modalitas terakhir untuk membentuk pasukan Sahara G5 untuk membantu memerangi banyak kelompok yang aktif di wilayah tersebut. (IF)