Duniaekspress, 7 November 2017. – Tiga pejuang Kashmir dan satu tentara India tewas dalam baku tembak di distrik yang disengketakan selatan Jammu dan Kashmir.

“Di desa Algar Kandi di Pulwama, satu tentara Angkatan Darat dan tiga gerilyawan tewas,” Kata juru bicara polisi Manoj Pandita, seperti dilansir Anadolu Agency, Senin (6/11/2017).

Polisi mengatakan bahwa tiga militan yang dibunuh tersebut termasuk dalam kelompok militan Jaish-e-Muhammad.

Baca Juga: “BLACK DAY” 70 TAHUN PENJAJAHAN INDIA ATAS KASHMIR

27 Oktober tujuh puluh tahun yang lalu tentara India mendarat di lembah Himalaya, Kashmir, menimbulkan salah satu perselisihan paling mematikan di dunia.

Kashmir, sebuah wilayah Himalaya yang berpenduduk mayoritas Muslim, dipegang oleh India dan Pakistan di bagian-bagiannya dan diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil Kashmir juga dipegang oleh China.

Sejak dipartisi pada tahun 1947, kedua negara telah bertempur dalam tiga perang, pada tahun 1948, 1965 dan 1971, dua di antaranya berada di Kashmir.

Kelompok perlawanan Kashmir di Jammu-Kashmir telah berperang melawan pemerintah India untuk kemerdekaan atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Lebih dari 70.000 orang dilaporkan terbunuh dalam konflik tersebut sejak 1989. India mengelola lebih dari setengah juta tentara di wilayah yang disengketakan tersebut. (IF)