UTUSAN KOALISI AS : ISIS KEHILANGAN 95% WILAYAHNYA SEMENJAK DEKLARASI

 

duniaekspress 17 November 2017.

Utusan koalisi pasukan amerika dari Washington, Brett McGurk mengatakan bahwa ISIS telah kehilangan 95% wilayahnya semenjak deklarasi kekhalifahan tiga tahun yang lalu. Hal itu diungkapkannya setelah pertemuan rabu malam di Yordan.

ISIS pada tahun saat deklarasi kekhalifahannya telah menyapu wilayah Irak dan Suriah sampai seukuran wilayah Inggris sehingga menarik perhatian ribuan pejuang-pejuang Islam dari berbagai negeri.

Namun setelah beberapa operasi militer, termasuk beberapa operasi koalisi yang didukung oleh amerika  menyebabkan ISIS kehilangan wilayah-wilayah yang dikuasainya.

7,5 juta orang telah dibebaskan dari ISIS dan saat ini dan finansial keuangan ISIS mencapai level terendahnya saat ini.

Dengan lenyapnya mimpi membentuk khilafah setelah kalah dalam pertempuran kini amerika fokus untuk mencegah peluang asing (foreign fighters)  untuk kembali ke negaranya dan melakukan teror.

Mc Gurk menekankan bahwa hijrah para pejuang asing ke wilayah ISIS sudah hampir terhenti, yang ada adalah penjemputan-penjemputan para pejuang tersebut di berbagai perbatasan.

Kami memperkuat kerjasama dan pengamanan perbatasan, keamanan bandara, penegakan hukum,  sanksi keuangan, kounter perpesanan, dan sharing intelijen untuk mencegah ISIS melakukan teror di negara asal para pejuang tersebut.

(AZ)

baca juga,  DAESH TERUSIR DARI MAYADEEN