ISIS MENEROR,  INGGRIS TINGKATKAN KEAMANAN

Duniaekspress, 22 nvember 2017. – Inggris – Teror ISIS terhadap warga Inggris menjelang Natal baru-baru ini membuat pemerintahan Inggris meningkatkan keamanannya. Diantara peningkatan keamanannya adalah Pasar Natal di Inggris akan dikelilingi oleh sebuah cincin baja, penjagaan polisi bersenjata yang berpatroli dan detektor logam disetiap pintu masuk.

”Garda bersenjata, penghalang beton dan detektor logam bermunculan di sekitar pasar meriah karena ketakutan serangan terror.” Ujar Alex Matthews saat diwawancarai (20/11)

Hal ini menimbulkan sebuah hambatan sehingga terjadi kemacetan dimana-mana, dan proses ini akan dijalankan petugas di lapangan pada acara perayaan rakyat di London, Birmingham, Manchester, Leeds, Edinburgh dan Bath menjelang Natal.

Tindakan pencegahan diambil setelah Asosiasi Pemerintah Daerah memperingatkan dewan agar waspada dengan tingkat ancaman teror yang tinggi sehingga memungkinkan akan terjadinya insiden lagi pada tahun ini di Inggris. Karena pada tahun ini, Inggris telah menderita tiga serangan yang mengerikan dengan korban orang-orang yang tidak bersalah dan anak-anak terbunuh di London dan Manchester.

Pada tahun lalu 12 terbunuh saat seorang fanatik ISIS membajak sebuah truk melalui pasar Natal Breitscheidplatz di Berlin.

Pengunjung mengharapkan pemeriksaan tas dan memperketat keamanan pintu masuk pasar Natal ibu kota Skotlandia di George Street dan East Princes Street pada tahun ini.

Polisi Skotlandia juga berjanji untuk memberlakukan tindakan pengamanan tambahan dan petugas bersenjata akan melakukan patroli pada acara-acara meriah tersebut.

”Prioritas kami adalah keselamatan dan keamanan semua orang yang hadir atau terlibat, dan masyarakat diharapkan untuk melanjutkan rencananya untuk menghadiri atau mengambil bagian dalam acara seperti biasa. Masyarakat akan melihat tindakan pengamanan tambahan. Mungkin juga ada peningkatan pemeriksaan keamanan di beberapa acara dan tempat. Jadi kami menyarankan masyarakat untuk datang di acara tersebut untuk melihat bahwa apa yang kita lakukan benar-benar kita laksanakan.” Kata polisi saat memberikan penjelasan kepada wartawan.

Kejadian di Pasar Natal di Manchester membuat peningkatan tindakan pengamanannya, setelah pemboman Manchester Arena, yang menewaskan 23 orang pada pertunjukan Ariana Grande pada bulan Mei.

Inspektur Chris Hill, dari Kepolisian Greater Manchester, mengatakan: ”Saya ingin meyakinkan orang bahwa kita memperkuat keamanan pelindung sebagai tindakan pencegahan ekstra untuk membuat orang seaman mungkin, dan hal itu seharusnya membuat orang merasa lebih nyaman dan yakin menghadiri acara seperti Pasar natal.” (AB/lasdipo).

 

Baca juga, TEROR BOM, INGGRIS NAIKAN TINGKAT ANCAMAN TEROR MENJADI KRITIS