SYI’AH HOUTHI KEMBALI TEMBAKAN RUDAL KE SAUDI

SYI’AH HOUTHI KEMBALI TEMBAKAN RUDAL KE SAUDI

Duniaekspress, 1 Desember 2017- Sebuah rudal balistik dari wilayah Yaman berhasil dicegah pada oleh pertahanan udara Saudi di kota selatan Khamis Mushait di barat daya provinsi Assir.

Serangan rudal tersebut merupakan yang kedua bulan ini sejak rudal 4 November dicegat di dekat Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh.

Liga Arab pada 19 November menyebutkan bahwa sejak awal konflik di Yaman 78 rudal balistik yang menargetkan wilayah Arab Saudi yang berasala Yaman berhasil digagalkan.

Media kelompok pemberotak Houthi di Yaman mengatakan, serangan tersebut merupakan pembalasan atas blokade yang diterapkan di Yaman.

“Kami mengkonfirmasi keberhasilan percobaan rudal balistik kami, yang mencapai target militernya di Arab Saudi,” kutip saluran televisi Al-Masira yang dikelola oleh Houthi.

Sebelumnya, kepala milisi Abdulmalik al-Houthi menentang “memperpanjang blokade” yang diberlakukan di Yaman menyusul serangan rudal Houthi 4 November yang dicegat di dekat bandara internasional Riyadh.

Baca Juga: SYIAH HOUTHI MERUDAL IBUKOTA ARAB SAUDI

Sebelumnya Saudi memberlakukan blokade sebagai tanggapan atas serangan rudal pemberontak Syiah Houthi akhir pekan di Riyadh. Arab Saudi memutuskan untuk menutup semua pelabuhan udara dan laut Yaman, menghentikan operasi bantuan kemanusiaan di negara tersebut.

Serangan yang dipimpin oleh Saudi, yang dimulai pada tahun 2015, ditargetkan mendorong kemajuan Houthi namun telah mengalami maraknya tuduhan pelanggaran hukum internasional.

Sejak Maret 2015, hampir 5.300 warga sipil terbunuh dan mendekati 9.000 luka-luka dalam perang Yaman; PBB telah memperingatkan bahwa “jumlah sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih tinggi”. (fan)

Berita Terkait:

Saudi Balas Serangan Houthi

Apa Dan Siapa Kelompok Houthi ?

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This