Duniaekspress, 07 Desember 2017. – Sumber kepolisian Turki mengatakan, sedikitnya 26 orang asing telah ditangkap karena adanya indikasi hubungan mereka dengan organisasi teroris Daesh (ISIS,red) dalam operasi kontra terorisme di Istanbul.

“Pasukan anti teror melakukan serangan serentak di enam lokasi di distrik Basaksehir dan Fatih di sisi Eropa kota Rabu pagi,” kata sumber tersebut yang enggan menyebutkan nama kepada Anadolu Agency, Rabu (6/12/2017)

“Beberapa dokumen organisasi dan alat digital disita dalam razia tersebut,” tambahnya.

Sumber tersebut tidak mengkomunikasikan kebangsaan para tersangka.

Baca Juga: TERKAIT ISIS 49 ORANG DITANGKAP DI ANKARA

Pada bulan Oktober lalu 49 orang juga ditangkap pihak keamana Turki dengan dugaan terlibat jaringan teror ISIS.

Jumlah militan ISIS asal Indonesia berada di urutan kedua terbesar yang ditangkap di Turki. Sedangkan militan asing ISIS asal Rusia tercatat yang terbesar.

Data itu bersumber dari statistik Kementerian Dalam Negeri Turki yang direspons sejumlah analis. Namun, data itu tidak secara jelas menyebutkan periode berapa penangkapan para militan asing tersebut.

Dari 4.957 militan asing kelompok Islamic State atau ISIS yang ditangkap di Turki, Rusia berada di urutan puncak dengan 804 orang. Indonesia di urutan kedua dengan 435 orang yang ditangkap.

pada bulan September yang lalu kepolisian Turki menahan 25 orang tersangka anggota ISIS termasuk 3 petingginya dan 22 warga negara asing sebagai bagian operasi anti teroris. Mereka didakwa atas perencanaan teror di negeri tersebut. fan)