Ketahui Kode Provinsi Jawa Barat dan apa saja syaratnya : WEBID4

Ketahui Kode Provinsi Jawa Barat dan apa saja syaratnya

Jawa Barat merupakan satu-satunya provinsi yang dibentuk pertama kali sejak zaman penjajahan Belanda, dengan kode provinsi Jawa Barat, yaitu 32. Terlepas dari itu, berdasarkan undang-undang No. 11, 1950, provinsi ini telah berdiri sejak 4 Juli 1950, sejak diakui oleh pemerintah Indonesia.

Provinsi ini memiliki luas sekitar 35.377,76 kilometer persegi, bahkan hampir mencapai 2% dari luas daratan Indonesia. Selain itu, provinsi ini juga dikenal sebagai daerah terbesar kedua terutama untuk Pulau Jawa, di mana Jawa Timur menempati urutan pertama dalam skala. Populasinya mencapai lebih dari 50 juta.

West Week menjadi daerah terpadat

Perlu Anda ketahui bahwa provinsi Jawa Barat telah menjadi salah satu daerah terpadat di Indonesia dengan kode provinsi yang berbeda di Jawa Barat. Di mana tingkat  populasi mencapai 50 juta lebih banyak orang daripada total populasi di negara ini.   Pertumbuhan penduduk Laju di Jawa Barat periode 2019 masih terus meningkat.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya penduduk yang melakukan urbanisasi di daerah tersebut. Alasan meningkatnya pergerakan penduduk di Jawa Barat sendiri beragam, mulai dari kepentingan buruh hingga kondisi lingkungan. Sedangkan daerah dengan jumlah penduduk terkecil yaitu kota Banjar ini berpenduduk sekitar 185.000 jiwa.

Hampir 80% penduduk Jawa Barat memutuskan untuk tinggal di perkotaan karena faktor industri. Daerah lain, seperti Bogori, Depoku, Bekas, dan sebagainya, setidaknya menyumbang 39 persen dari total populasi Jawa Barat sendiri.

Perlu diketahui, mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Sundan. Dimana suku ini dikenal sebagai masyarakat asli Tanah Air Jawa di bagian barat ini. Sementara orang Jawa lebih umum di wilayah utara Jawa Barat, suku Betavi terutama tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, ada juga suku Batak dan Suku Minang, yang juga terdapat di wilayah Jawa Barat, khususnya di daerah perkotaan seperti Bogor, Depok dan Bandung. Meskipun populasi Cina juga umum di hampir semua daerah di Jawa Barat, mereka sebagian besar umum.

Kode area administrasi pemerintah Indonesia

Sebelum membahas lebih lanjut kode provinsi Jawa Barat, misalnya, kode daerah 32.73.02.1005 adalah kode wilayah desa Sekeloa.

Adapun kode tersebut menunjukkan informasi dari kode wilayah pemerintah daerah di mana ia berada, mulai dari subtitle, kota hingga provinsi, termasuk:

  1. Subtitle Kobl’g (kode area, yaitu 32.73.02)
  2. Kota Bandung (kode area, yaitu 32.73)
  3. Kode Provinsi Jawa Barat (kode wilayah, yaitu 32)

Sementara itu, contoh lain, seperti kode distrik 36.71.07, adalah kode dari Kabupaten Karavaci, badan pemerintah daerah yang bertanggung jawab untuk itu, masing-masing:

  1. Kota Tanglerang (kode wilayah, yaitu 36.71)
  2. Provinsi Banten (kode wilayah, yaitu 36)

Selain itu, ada juga kode kabupaten 33.74, yaitu Kota Semarang, dengan kekuatan lokalnya, masing-masing:

  1. Provinsi Jawa Tengah (kode wilayah, yaitu 33)

Perlu Anda ketahui bahwa pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), memperbarui kode regional setiap satu hingga lima tahun. Dimana caranya dengan menerbitkan Dikpagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) dengan kode dan data daerah yang baru.

Selanjutnya, ketika terjadi pemekaran wilayah atau bahkan jumlah desa yang banyak, terjadi peralihan desa ke desa. Hingga saat ini, kode provinsi terakhir yang dikeluarkan untuk  wilayah Karet Barat  adalah Dikugri RI No. 137 Tahun 2017. Di mana hal itu sudah terjadi di Jakarta sejak 27 Desember 2017.

Sejak Mentionagra ditetapkan, mantan Sweet akan dibatalkan dan ditemukan tidak lagi valid. Hal ini tertuang dalam Pasal 13 MentionedGra No. 137 tahun 2017. Menurut informasi di Tusk terakhir, Indonesia saat ini memiliki:

  1. 34 provinsi
  2. 514 kota/kabupaten (98 kota + 416 kabupaten)
  3. 201 desa/kabupaten
  4. 436 desa (8.479 desa – 74.957 desa)
  5. 185 kode wilayah.

Kode Provinsi di Jawa Barat

WEBID :

  1. herosupermarket.id
  2. budiacidjaya.co.id
  3. asisten.co.id
  4. pcmag.co.id
  5. pigmi3d.id
  6. bechipindo.co.id
  7. ManPemalang.id
  8. garudamedia.co.id
  9. bellaskin.co.id
  10. trunbackhoax.id
  11. guruindonesia.id
  12. siako.id
  13. kitanesia.id
  14. donasibuku.id
  15. kreatifood.id
  16. puteragroup.id
  17. taranaki.id
  18. temaninklusi.id
  19. azconsulting.id
  20. e-duniakerja.id
  21. pegimakan.id
  22. soloimlek.id
  23. rajawalinusindo.id
  24. ceritadariblora.id
  25. pojokbandung.id
  26. rawonsetan.id
  27. obor.co.id

Tentu anda kenal jika mendengar nama Jawa Barat, bukan? Ya, salah satu provinsi di Indonesia, yang banyak dikunjungi oleh penduduk setempat karena keindahan dan faktor habitat yang segar di sana.

Seperti yang kita ketahui, provinsi dengan ibukotanya Bandung ini sangat dikenal sebagai daerah yang dingin dan segar. Selain itu, Bandung sendiri sering disebut Kota Kembang.

Aku menyukainya? Hal ini dijelaskan oleh fakta bahwa pada zaman dahulu Bandung dianggap sangat indah dengan banyaknya pohon dan bunga yang menggelegar. Tak hanya itu, pada masa lalu, Bandung juga disebut Paris van Java karena keindahannya. Perlu Anda ketahui jika kode provinsi Jawa Barat adalah 32.

Adapun kode wilayah, dirancang untuk mengenali karakteristik provinsi. Dengan kode area ini, Anda bisa lebih mudah melakukan telekomunikasi berdasarkan pengamatan sebuah agen transportasi di Indonesia.

Kode kota ini sendiri merupakan rangkaian angka dan poin yang menampilkan Kode etik dan data kabupaten administrasi pemerintahan Indonesia masing-masing daerah, baik dari desa/kelhurricane, kecamatan, tingkat kota/taksi, bahkan provinsi, serta kode provinsi di Jawa Barat.

Fungsi dari kode etik ini adalah untuk mempercepat dan memudahkan proses penyelenggaraan wilayah administrasi negara di Indonesia. Selain itu, Anda harus tahu apakah kode ini juga dapat menunjukkan tingkat dan odu wilayah pemerintah daerah di mana ia berada, misalnya, kode provinsi Jawa Barat 32.

Ketentuan wajib dari kode provinsi

Berikut pembahasan ketentuan dalam kode wilayah provinsi dan perkotaan/bupati, antara lain:

  1. Kode wilayah provinsi

Di bawah ini adalah ketentuan yang harus diperhitungkan saat menentukan kode wilayah provinsi.

  1. Tepat dua digit adalah kode kabupaten provinsi.
  2. Kode provinsi biasanya ditetapkan sesuai dengan posisi wilayah geografis pulau Indonesia, di mana biasanya dimulai dari barat ke timur.
  3. Angka angka pertama untuk provinsi, ditetapkan pada:
    1. Pulau Sumatera: ditunjukkan dengan angka 1 atau 2
    2. Pulau Jawa: ditunjukkan dengan angka 3 atau 4
    3. Pulau Bali dan Nusa Tenggara: ditunjukkan dengan angka 5
    4. Pulau Kalimanatan: ditunjukkan dengan angka 6
    5. Pulau Sulawesi: ditandai dengan angka 7
    6. Pulau Maluku: ditandai dengan angka 8
    7. Pulau Nugini: ditandai dengan angka 9

Angka kedua dari kode provinsi biasanya ditetapkan sesuai dengan urutan di mana provinsi dibentuk. Seperti yang kita ketahui, kode provinsi Jawa Barat adalah 32.

  1. Kode distrik kota dan kabupaten

Selain itu, di bawah ini adalah seperangkat ketentuan dalam kode area/distrik.

  1. Kode kota/kabupaten biasanya terdiri dari 4 angka, dimana angka tersebut terdiri dari kode kabupaten provinsi 2 digit, tanda yang digunakan sebagai pemisah, yaitu titik, dan kode kota/kabupaten 2 digit.
  2. Dua digit setelah periode pertama adalah area atau kode distrik.
  3. Sedangkan angka angka pertama untuk kode area adalah dari 7 hingga 9, sedangkan angka angka pertama untuk kode area adalah dari 0 hingga 6.
  4. Kode county biasanya dimulai dengan angka 01, 02, 03 hingga 69 berdasarkan urutan pembentukan county.
  5. Kode kota biasanya dimulai dari angka 71, 72, 73 hingga 99 berdasarkan urutan pembentukan kota itu sendiri.

Misalnya, kodewilaya h seperti 33.22, adalah kode kota Kabupaten Semarang, tepatnya di provinsi Jawa Tengah (33). Sedangkan kode daerah 33.74  menunjukkan kode kota Semarang di provinsi tengah Jawa (33). Untuk Jawa Barat, kode provinsi itu sendiri ditandai dengan angka 32.