PROTES ANTI REZIM SYI’AH  IRAN SEMARAK DI BERBAGAI WILAYAH DALAM NEGERI IRAN

Pemrotes di kota Qom Iran meneriakkan : “Matilah wahai Hizbullah”, “Malulah wahai Khamenei!!”

Duniaekspress,  31 Desember 2017. – Aksi demonstrasi anti-rezim Rouhani di kota-kota Iran telah menyebar ke seluruh negeri sejak hari Jumat kemarin. Aksi demonstrasi menyebar secara cepat setidaknya di belasan kota di seluruh Iran termasuk : Qom, Ahvaz, Isfahan, Zahedan, Qazvin, Kermanshah, Quchan, Sari, Qaemshahr, Rasht, Hamedan dan Sabzevar hari ini.

Di kota Qom, para demonstran meneriakkan: “Matilah wahai Hizbullah”, dan “Apakah kamu tidak malu wahai Khamenei? Tinggalkan negara ini!!, “Kami tidak menginginkan sebuah Republik Islam dimana kaum muda menganggur dan para mullah memiliki semua posisinya”.

Para pemrotes di berbagai kota Iran juga membawa slogan-slogan yang mengecam campur tangan Iran di negara-negara Arab yang dibiayai oleh uang rakyat Iran. “Lupakan Gaza dan Lebanon, Saya akan mengorbankan hidup saya untuk Iran,” “Kematian untuk para diktator”, dan “Bangsa ini miskin saat pemimpinnya bertindak seperti Tuhan”.

Di Zahedan, orang-orang meneriakkan: “Tinggalkan Suriah sendirian, pikirkanlah nasib kami yang kelaparan.” Di Qazvin, para pemrotes meneriakkan : “orang-orang Iran yang bermartabat, mendukung kita, mendukung kita” dan “Para mullah harus dibunuh”.

Rezim Iran telah menerapkan kebijakan penindasan dan diskriminasi. Iran telah menekan semua suara yang menentangnya di dalam negeri dan membunuh banyak orang di luar negeri. Rakyat Iran telah menderita dan mereka hanya bisa menyaksikan semua miliaran dolar yang telah dikumpulkan oleh Iran digunakan untuk biaya perang dan campurtangannya di negeri-negeri Arab.

Iran mendukung rezim Suriah Bashar al-Assad setiap tahunnya dengan miliaran dan mendukung Hizbullah dengan ratusan juta, mempersenjatai dan mendanai milisi sektarian yang dibawa dari Afghanistan, Pakistan, Irak dan Lebanon untuk menekan revolusi rakyat Suriah dan juga mendukung Houthi di Yaman.

Mereka menyaksikan Iran memberikan dukungan dana kepada milisi Houthi secara terus-menerus. Mereka juga menyaksikan Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah Lebanon dengan bangga mengatakan miliaran dana dari Iran dan mengatakan bahwa selama Iran memiliki uang, kita akan terus beroperasi. Sementara Rakyat Iran yang miskin tidak mendapatkan keuntungan apapun dari milyaran dolar ini.

Sumber : Al Arabiya, Moslem Today

 

Baca juga,  SERANGAN BOM SASAR KANTOR BERITA AFGHANISTAN