Duniaekspress, 2 Januari 2018- Anggota parlemen Iran mengatakan, sedikitnya 10 orang tewas dalam aksi demonstrasi anti-rezim Rouhani sejak Jum’at (29/12) di seluruh Iran.

Anggota parlemen Hedayatollah Khademi mengatakan dua orang lagi terbunuh di kota Izeh barat daya di provinsi Khuzestan pada hari Minggu malam, menurut Kantor Berita Tenaga Kerja Iran, yang meningkatkan jumlah korban tewas menjadi 10 orang.

Aksi penangkapan juga terjadi selama aksi berlangsung, sekitar 377 demonstran dikabrkan telah ditahan, 200 orang yang ditahan berasal dari ibukota Teheran.

Penangkapan lainnya dilaporkan terjadi di kota Arak, Isfahan dan Robat Karim dan provinsi Azerbaijan Barat.

Ribuan orang Iran pada hari Kamis (28/12) turun kejalan-jalan di kota-kota di timur laut Masyhad dan Kashmar untuk memprotes kenaikan harga komoditas dan kesalahan manajemen yang dirasakan pemerintah, menurut laporan media setempat.

Presiden Iran Hassan Rouhani pada hari Minggu memperingatkan warga Iran menentang demonstrasi anti-pemerintah yang sedang berlangsung di seluruh negeri.

“Kita harus menghindari menempatkan negara dalam situasi yang bisa dimanfaatkan musuh,” kata Rouhani.

Baca Juga: DI BERBAGAI KOTA, AKSI ANTI REZIM SYI’AH IRAN SEMARAK

Aksi demonstrasi anti-rezim Rouhani di kota-kota Iran telah menyebar ke seluruh negeri sejak hari Jumat kemarin. Aksi demonstrasi menyebar secara cepat setidaknya di belasan kota di seluruh Iran termasuk : Qom, Ahvaz, Isfahan, Zahedan, Qazvin, Kermanshah, Quchan, Sari, Qaemshahr, Rasht, Hamedan dan Sabzevar hari ini.

Di kota Qom, para demonstran meneriakkan: “Matilah wahai Hizbullah”, dan “Apakah kamu tidak malu wahai Khamenei? Tinggalkan negara ini!!, “Kami tidak menginginkan sebuah Republik Islam dimana kaum muda menganggur dan para mullah memiliki semua posisinya”.

Rezim Iran telah menerapkan kebijakan penindasan dan diskriminasi. Iran telah menekan semua suara yang menentangnya di dalam negeri dan membunuh banyak orang di luar negeri. Rakyat Iran telah menderita dan mereka hanya bisa menyaksikan semua miliaran dolar yang telah dikumpulkan oleh Iran digunakan untuk biaya perang dan campurtangannya di negeri-negeri Arab. [fan]

Berita Terkait:

ANSHAR AL-FURQON SERANG JARINGAN PIPA MINYAK IRAN

EKONOMI IRAN AMBRUK AKIBAT PERANG SURIAH DAN YAMAN