Duniaekspress, 10 Januari 2018 (JAKARTA)- Komika Joshua Suherman dilaporkan ke polisi lantaran dinilai telah melecehkan agama Islam. Bareskrim Polri saat ini tengah melakukan penyelidikan atas perkara tersebut.

“Iya kami selidiki dulu laporannya. Kan baru kemarin laporannya,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Polisi Martinus Sitompul saat dikonfirmasi, Rabu (10/1/2018).

Martinus mengatakan, nantinya dalam penyelidikan, pihak kepolisian akan memeriksa ahli guna menemukan apakah ada unsur pidana, dan kasus ini bisa ditingkatkan ke penyidikan atau tidak.

“Kami lakukan pemeriksaan ahli-ahli,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Rahmat Himran melaporkan Joshua Suherman ke Bareskrim Polri atas dugaan penghinaan agama.

Rahmat menyatakan, Joshua telah melakukan tindak pidana penghinaan agama saat membawakan materi stand up comedy yang kemudian diunggah ke media sosial Youtube.

Menurutnya, Joshua telah menghina agama dengan menyebut Anisa Rahma lebih terkenal dibandingkan Cherly Juno, mantan personel girl band Cherrybelle akibat perbedaan agama yang dianut.

Selain itu, lanjutnya, Joshua juga telah melakukan penghinaan agama dengan menyatakan bahwa ada satu hal yang tidak bisa dikalahkan di Indonesia walaupun dengan susah payah, yaitu mayoritas.

“Dia kemudian membandingkan Islam dengan mayoritas-mayoritas yang tidak dapat dikalahkan, sehingga memunculkan isu SARA dalam hal ini. Kami enggak mau itu terjadi, dengan upaya meredam untuk hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Rahmat di kantor sementara Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari kemarin.

Baca Juga: LECEHKAN ISLAM, FUIB LAPORKAN JOSHUA

Dalam laporan ini, mantan artis cilik ini disangkakan melanggar pasal 27 ayat 3 dan pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau pasal 156a KUHP.

Sumber: Teropongsenayan