OPERASI AFRIN AKAN SEGERA SELESAI: KATA ERDOGAN

Duniaekspress, 22 Januari 2018. – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Ahad sore (21/1) mengatakan dengan tegas Operasi yang sedang berlangsung Afrin akan selesai “dalam waktu yang sangat singkat”.

“Semoga kita menyelesaikan operasi ini dalam waktu yang sangat singkat.” tegas Edorgan dihadapan ribuan peserta kongres Partai Keadailan dan Persatuan di Kota Bursa, seperti yang dikansir pada laman Anadolu Agency, Ahad (21/1/2018).

Militer Turki mengatakan, operasi tersebut bertujuan untuk menghilangkan elemen PYD / PKK dan Daesh (ISIS, red) dari Afrin. Oprasi yang diluncurkan pada hari Sabtu Itu dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah.

Baca Juga: TURKI GANDENG FSA HAJAR MILISI KURDI

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD / PKK sejak Juli 2012 ketika rezim Assad di Suriah meninggalkan kota ke kelompok teror tanpa melakukan perlawanan.

Kota-kota Turki di Kilis dan Hatay yang melintasi perbatasan Suriah berada dalam sasaran tembak dari kelompok PYD / PKK dari Afrin, yang berada di atas sebuah bukit. Kelompok teror tersebut juga menggunakan Gunung Amanos untuk menembus dari Suriah ke Turki.

PYD / PKK bergantung pada Afrin untuk terhubung ke Laut Tengah dari Suriah barat laut. Organisasi teroris juga telah mengancam keuntungan yang dihasilkan dari Operasi Efisien Perisai dan zona de-eskalasi Idlib di atas Afrin. Seperempat tanah Suriah dan 65 persen perbatasan Turki-Suriah saat ini berada di bawah pendudukan organisasi teroris tersebut.

Operasi Euphrates Shield dimulai pada bulan Agustus 2016 dan berakhir pada akhir Maret 2017 untuk meningkatkan keamanan, mendukung pasukan koalisi dan menghilangkan ancaman teror di sepanjang perbatasan Turki. Sekarang Turki menggelar operasi  “cabang zaitun” untuk merebut Afrin.  (IF)