Duniaekspress, 23 Januari 2018. – Komandan Jabal al Islam mengatakan telah melancarkan operasi yang menyasar daerah-daerah yang dikuasai rezim Assad di sekitar Gunung Turkmen di provinsi Latakia.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Komandan Jabal al-Islam Zahir Abu Usama mengatakan bahwa Rusia “sangat intens menyerang Idlib”.

“Untuk meringankan serangan ini, kami telah meluncurkan sebuah operasi di sekitar Gunung Turkmen di kota Sarraf yang dikendalikan rezim dan di sekitar wilayah tersebut,” katanya.

Usamah mengatakan bahwa mereka telah merebut desa-desa di Villa dan Kapikaya di Sarraf yang mana berada di bawah kendali rezim tersebut.

Dilaporkan juga bahwa sejumlah besar tentara rezim terbunuh dalam serangan mendadak oleh oposisi bersenjata tersebut.

Baca Juga: BOM ISTISYAD MENGHACURKAN MENTAL PARA PENYERANG DI ABU DHUHUR

Menurut informasi yang dikumpulkan dari sumber lokal, pesawat tempur Rusia dan rezim menyerang Gunung Turkmen setelah operasi oposisi tersebut berlangsung.

Sebelumnya diberitakan, Operasi syahid mujahidin HTS yang menargetkan perimeter Bandara Abu dhuhur, menewaskan lebih dari 30 milisi asaad dan iran dan puluhan pasukan rezim yang terluka dan menghancurkan setidaknya tiga kendaraan militer.

Haiah tahrer sham Senin mendapatkan kembali kendali seluruh bandara Abu dhuhur, dan distrik militer Idlib al-Sharqiya, menyusul sebuah ledakan bom mobil yang dilakukan oleh salah satu anggota mujahidin tersebut, yang mengakibatkan pembunuhan dan melukai puluhan “pasukan rezim” dan milisi Iran yang mengundurkan diri ke desa Hamidiya Dan Ummu jarin.

HTS “melancarkan serangan besar-besaran” pada “pasukan rezim” dan “milisi Iran” yang memasuki bagian timur bandara Abu DHUHUR pada hari Jumat dan berhasil menguasai desa Tal-Salmu di dekatnya.

Mujahidin HTS Juga dapat memperoleh kembali kendali atas sejumlah bukit strategis yang menghadap ke bandara, memaksa pasukan Assad dan milisi Iran mundur ke titik belakang di sisi timur bandara.