ISRAEL TANGKAP SYAIKH KAMAL AL KHATIB

Duniaekspress, 24 Januari 2018. – Kepolisian Israel, Selasa (23/1) menangkap syaikh Kamal al Khatib, Wakil Ketua Gerakan Islam di wilayah Palestina, setelah menggerebeg rumahnya di kawasan Kafr Kanna.

“Pasukan Israel menghentikan kendaraan syaikh Kamal al Khatib di rumahnya di Kafr Kanna, dan belum ada informasi rinci lainnya sampai saat ini,” kata Khalid Zabariqa pengacara al Khatib, seperti dikutip Pusat Informasi Palestina, Selasa (23/1/2018).

Sebelumnya pasukan Israel telah menyerahkan surat perintah baru bagi syaikh Kamal al Khatib, dilarang masuk kota al-Quds.

Sejumlah sumber melaporkan, keputusan Israel mencakup larangan masuk kota al-Quds dan Masjidil Aqsha, sejak November 2015.

Syaikh Kamal al Khatib beberapa kali ditangkap Israel, dicekal bepergian, bersama sejumlah pimpinan gerakan Islam dilarang masuk Masjidil Aqsha,  karena peran mereka menghadang kebijakan yahudisasi al-Quds.

Terkait hal ini, pasukan Israel menangkap syekh Raed Sholah, Ketua Gerakan Islam, sejak 15 Agustus lalu, dan saat ini beliau masih berada di penjara Israel, dan menunda persidangan dengan dakwaan melakukan provokasi dan tindakan kekerasan dan rasial.

Baca Juga: ISRAEL TANGKAP PEMIMPIN SENIOR HAMAS

Akhir Tahun lalu militer Israel juga menangkap Hasan Yousef seorang tokoh senior Hamas di rumahnya di kota Ramallah.

Anak Yousef mengatakan bahwa puluhan tentara Israel menggerebek rumah saat fajar dan menangkap Hasan Yousef.

Yousef, 57 tahun senior Hamas ini telah berkali-kali ditangkap oleh pasukan Israel dan telah menghabiskan total 21 tahun di penjara-penjara Israel.

Pasukan Israel juga menangap 32 warga Palestina, termasuk anggota Hamas, dalam penyergapan semalam di beberapa wilayah di Tepi Barat karena diduga terlibat dalam kegiatan “teroris”, kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan. (fan)