Mujahidin Uighur di Suriah Membentuk sub-unit Palestina
Duniaekspress, 28 Januari 2018. – Katibat al-Ghuraba al-Turkistan (KGT), kelompok jihadis Uighur di Suriah, telah mengumumkan pembentukan sub-unit Palestina di dalam organisasinya. Sayap baru KGT dirancang untuk mengakomodasi orang-orang Palestina dan orang Arab lainnya dalam jajarannya.
KGT mengumumkan pembuatan “Saraya Ghuraba Filistin”, atau Strangers / Foreigners of Palestine Company, tadi malam dengan mempublikasikan foto dan membuat saluran Telegram tersendiri untuk sub-unit tersebut. Foto-foto tersebut menunjukkan anggota KGT Palestina melawan pasukan rezim syi’ah Assad di Aleppo selatan di dekat kota Abu Dhuhur di provinsi Idlib. Selain itu, sebuah rekaman audio oleh pemimpinnya, yang diidentifikasi sebagai Abu Muhammad al-Filistini, seorang pejabat penting Syariah di KGT, telah dirilis.
Orang-orang Palestina dan Arab lainnya telah didominasi oleh media sebelumnya yang dirilis oleh KGT. Dalam sebuah video yang dirilis tahun lalu, sebuah pesan dari emir KGT (pemimpin) yang dijuluki Uighur dari bahasa Arab menunjukkan bahwa dia kemungkinan bukan orang/etnis Uighur. Tidak jelas berapa banyak orang Palestina atau orang Arab lainnya yang berada di dalam Saraya Ghuraba Filistin atau KGT, yang mengaku sebagian besarnya adalah orang Uighur.
KGT dibentuk tahun lalu dan telah aktif baik di medan perang maupun di media sosial. Namun, KGT baru saja menonjol seiring meningkatnya informasi medianya. Ini juga cenderung tumbuh lebih besar untuk mendapatkan pejuang dari kelompok lain, juga penduduk asli Syria.
Tokoh-tokoh al-Qaeda telah memainkan peran penting dalam video KGT, namun kelompok tersebut belum berusaha menyembunyikan ideologinya. Osama bin Laden, Ayman al-Zawahiri, Abu Musab al-Zarqawi, Mohammad Atef, Saeed al-Masri, dan Abdullah Azzam semuanya telah ditampilkan. Klip dari cabang-cabang al-Qaeda seperti Shabaab di Somalia dan juga Taliban Afghanistan, sekutu al-Qaeda, juga ditampilkan dalam video-video mereka.
(Long War Journal/MPM Movement)
Sumber : MPM_Movement