Tiba di Sochi, Sekelompok Oposisi Suriah Balik Sebelum Turun Pesawat

Duniaekspress, 31 Januari 2018. – Sochi – Sekelompok oposisi Suriah yang bertolak ke Konferensi Dialog Nasional Suriah di Sochi, Rusa, Selasa (30/01), akhirnya balik sebelum turun dari pesawat. Rombongan berjumlah 120 tokoh politik oposisi Suriah itu terbang dari Turki.

Kantor berita Al-Jazeera melaporkan, rombongan yang berangkat dari Bandara Internasional di Ankara itu menolak turun dari pesawat setibanya di bandara Sochi. Keputusan itu dilakukan karena melihat banyaknya slogan-slogan konferensi yang di dalamnya terdapat bendera Suriah bertebaran di bandara. Mereka juga menolak menyerahkan undangan karena di dalamnya ada bendera nasional Suriah.

Syiar-syiar rezim Suriah yang kental dalam konferensi Sochi menjadi salah satu poin keberatan oposisi Suriah untuk hadir dalam pembicaraan yang diselenggaran Rusia itu. Sementara Rusia menolak menghilangkan slogan-slogan rezim Assad dalam konferensi Sochi.

Hal itu pun membuat kelompok-kelompok oposisi, khususnya Komite Tinggi untuk Negosiasi (badan politik yang dianggap paling mewakili oposisi Suriah di internasional), menolak hadir. Namun, sedikitnya terdapat 120 tokoh oposisi tidak mewakili kelompok akhirnya berangkat ke Sochi di bawah koordinasi Turki.

Sekelompok itu bertolak ke Sochi dengan menggunakan pesawat dari Ankara. Di Sochi, mereka dijadwalkan akan bergabung dengan kelompok oposisi yang bertolak dari Mesir dan Damaskus, yang merupakan kelompok oposisi bentukan Rusia.

Sumber: Al-Jazeera

 

Baca juga, EDORGAN: FSA BUKAN KELOMPOK TERORIS