Duniaekspress, 13 Februari 2018. – Kabul – Serangan insider kembali terjadi di internal pasukan keamanan Afghanistan. Pelaku berhasil menewaskan sedikitnya 16 pasukan keamanan dan membawa senjata yang ada di posnya, kemudian bergabung Thaliban.

Seperti dilaporkan Al-Jazeera pada Senin (12/02), insiden itu terjadi di provinsi Helmand yang merupakan wilayah paling bergolak di Afghanistan. Pelaku diyakini anggota Thaliban yang menyusup.

Pemerintah Helmand pun mengkonfirmasikan penyerangan itu. Dia menunjukkan, sedikitnya 16 pasukan keamanan tewas akibat insiden ini.

“Kami tahu bahwa seorang pejuang Thaliban membunuh 16 milisi yang bertempur di samping pasukan pemerintah, tapi siapa kekuatan ini, kami belum tahu,” kata pernyataan pemerintah daerah Helmand pada Senin (12/02).

Media lokal mengatakan bahwa penyerang berhasil bergabung dengan Thaliban setelah melarikan diri dari pos pemeriksaan dengan membawa persenjataan.

Perlu diketahui, pasukan pemerintah Afghanistan yang membelot ke Thaliban selalu membawa dan menyerahkan persenjataannya kepada kelompok perjuangan tersebut.

Juni lalu, tiga tentara AS tewas ditembak dan yang keempat terluka di Afghanistan timur oleh seorang tentara Afghanistan.

Pembunuhan tersebut telah menimbulkan ketidakpercayaan sengit antara pasukan lokal dan asing, bahkan saat insiden semacam itu telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. [AB]

Sumber: Al-Jazeera

Baca juga, MILITAN ISis DAN HIZB MENYERAH KEPADA IMARAH ISLAM AFGHANISTAN