Duniaekspress, 15 Februari 2018. – Seorang penyusup Thaliban berhasil menewaskan 16 pasukan milisi pro-rezim Kabul dalam operasi pengepungan provinsi Helmand, kata beberapa pejabat pada hari Senin. Serangan infiltrasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Green on Blue ini memang salah satu cara Thaliban merontokkan musuh-musuhnya.

Badan keamanan Afghanistan telah membentuk milisi untuk menyusup ke Thaliban, kata seorang pejabat keamanan kepada Reuters, meskipun juru bicara gubernur Helmand tidak dapat mengidentifikasi kelompok tersebut.

“Kami tahu bahwa seorang pejuang Thaliban membunuh 16 milisi yang bertempur bersama pasukan pemerintah, tapi siapa kekuatan ini, kami belum tahu,” kata juru bicara tersebut, Omar Zwak.

Thaliban mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan di distrik Gereshk provinsi tersebut pada hari Sabtu, dengan mengatakan bahwa dua dari pejuangnya terlibat.

Seorang pejabat keamanan, yang menolak untuk diidentifikasi, mengatakan bahwa seorang pria bersenjata yang dicurigai telah bekerja dengan milisi selama berbulan-bulan membawa senjata dan amunisi setelah melakukan penyerangan.

Helmand adalah salah satu provinsi paling keras di Afghanistan, dan juga merupakan sumber utama opium, narkotika digunakan untuk membuat heroin.

Thaliban, berjuang untuk menegakkan kembali peraturan Islam di Afghanistan dan mengusir pasukan Barat yang mendukung pemerintah di Kabul. Taliban berhasil mengendalikan wilayah yang cuup luas di provinsi tersebut.

Serangan infiltrasi Taliban (Green on Blue)Merupakan Jawaban Thaliban atas strategi baru yang diterapkan Trump di Afghanistan. Selain itu, Thaliban juga sering menggunakan serangan model ini di tahun-tahun sebelumnya.

Tercatat pada Juni 2017, menurut longwarjournal telah terjadi empat serangan sejak awal tahun. Serangan terakhir pada 17 Juni, berhasil melukai tujuh tentara AS.

Namun, jumlah serangan Green on Blue sebenarnya mungkin lebih banyak mengingat tidak semua informasi serangan dipublikasikan ke luar. 

Pada tahun 2012 sebanyak 44 serangan terjadi, dan hanya dua serangan di tahun 2016. (SM)

 

Sumber:  longwarjournal.org

 

Baca juga, MENYUSUP SEORANG DIRI, MUJAHIDIN THALIBAN BERHASIL MEMBUNUH 16 PASUKAN MUSUH