Duniaekspress, 21 Februari 2018. – Teheran – Kepolisian Iran menyatakan bahwa tiga anggotanya tewas akibat bentrok yang terjadi dengan anggota Gonabadi, kelompok Sufi yang dianggap menjadi ancaman bagi pemerintah Syiah Iran.

Menurut keterangan juru bicara kepolisian Iran, Saeed Montazer Al Mahdi pada Senin (19/18/2018) mengatakan bahwa bentrokan terjadi di Teheran utara. Berdasarkan cuplikan video yang tersebar di media sosial, ratusan anggota Gonabadi mengegruduk kantor polisi setempat.

Media setempat melaporkan bahwa polisi tewas saat bentrokan berlangsung. Selain itu, juga tersebut cuplikan video sebuah bus yang manabrak petugas keamanan yang berusaha meredam amarah pemprotes. Sumber keamanan menyebutkan bahwa sopir bus itu telah ditangkap dan penyelidikan masih berlangsung.

Kemarahan penganut sufi bermula setelah ditangkapnya seorang tokoh Sufi bernama Nematollah Riahi sekitar dua pekan lalu. Warga sufi yang tidak terima penangkapan itu berkumpul di luar rumah pemimpin mereka, Nurallah Tabenda.

Dalam dua dekade terakhir, sejumlah anggota kelompok Sufi Gonabadi telah ditangkap dengan sejumlah tuntutan. Kendati demikian, Kepala Polisi setempat Hosserin Rahimi mengumumkan bahwa tidak ada niat untuk mengkriminalisasi kelompok Sufi Gonabadi di Teheran.

Sumber: Al Arabiya

 

Baca juga, IRAN KEMBALI DILANDA DEMONSTRASI