Duniaekspress.com (16/5/2018)- Pejuang Taliban menyerang kota Farah yang berada di Afghanistan barat dari berbagai arah dalam pertempuran yang sedang berlangsung untuk merebut ibukota provinsi.

Pejabat pemerintahan provinsi Fared Bakhtawer mengatakan, penyerang menyerbu beberapa pos pemeriksaan keamanan di kota itu, dan pertempuran sengit sedang berlangsung pada hari Selasa. Bakhtawer juga menyakini korban jiwa cukup banyak, akan tetapi tidak belum bisa memberikan angka yang tepat.

“Pos-pos pemeriksaan keamanan di sekitar kota telah runtuh ke tangan Taliban, menyebabkan korban besar di antara pasukan keamanan,” kata Bakhtawer, seperti yang dikutip Al Jazeera, Rabu (16/5/2018).

Zabihullah Mujahid juru bicara Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, ia mengatakan para pejuang datang dari berbagai arah dan dengan cepat menyerbu beberapa pos pemeriksaan.

Kota Farah berbatasan dengan provinsi Helmand di mana Taliban menguasai beberapa distrik.

Samihullah Samim, seorang legislator dari Farah, mengatakan bagian kota berada di bawah kendali Taliban, dengan pertempuran hebat yang hanya berjarak 300 meter dari kediaman gubernur.

“Jika Taliban mendapatkan kemenagan, maka pejuang dari provinsi tetangga akan membanjiri kota,” Kata Samim.

“Jika pasukan keamanan tidak dapat mengendalikan seluruh kota pada akhir hari, maka akan sangat sulit untuk mengendalikan kota dalam waktu dekat,” Pungkasnya. [fan]