Duniaekspress.com (28/5/2018)- Kelompok medis Suriah mengatakan, lima anggota aktivis kemanusiaan Suriah yang dikenal dengan sebutan White Helm tewas dalam serangan di Suriah utara pada hari Sabtu (26/5).

Empat pria bersenjata menyerang pusat Helm Putih di kota Tal Hadya yang ditentang oposisi di barat laut Aleppo, sutradara White Helmets Raed al-Saleh mengatakan kepada Anadolu Agency.

“Lima anggota tewas dan dua lainnya terluka dalam serangan itu,” katanya.

Menurut al-Saleh, para penyerang mencuri kendaraan dan sepeda motor sebelum melarikan diri dari tempat kejadian tanpa cedera.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Baca Juga

PEDESAAN MUSLIM DISERANG TERORIS HINDU INDIA

AMNESTY INTERNASIONAL TUDUH ARSA MEMBUNUH 99 WARGA HINDU MYANMAR

The White Helmets, yang secara resmi dikenal sebagai Pertahanan Sipil Suria adalah organisasi sukarelawan yang beroperasi di bagian Suriah yang dikuasai oposisi dan di Turki. Mayoritas kegiatan mereka di Suriah terdiri dari pencarian dan penyelamatan kota sebagai tanggapan atas pemboman, evakuasi medis, evakuasi warga sipil dari daerah bahaya, dan pengiriman layanan yang penting. Pada April 2018, organisasi mengklaim telah menyelamatkan lebih dari 114.000 jiwa dan telah kehilangan nyawa 204 anggota relawan White Helmet dalam prosesnya.

Media yang disponsori Iran dan Rusia seperti Russia Today dan kantor berita Iran MNA menuduh Helm Putih sebuah lembaga kemanusiaan yang memiliki hubungan dengan “teroris”.

Suriah, yang telah dikunci dalam perang sipil yang menghancurkan sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad menindak keras protes pro-demokrasi dengan keganasan yang tidak terduga.

Menurut perkiraan PBB, ratusan ribu orang tewas dalam konflik itu. [fan]