Duniaekspress.com. (2/6/2018). – New York – Amerika Serikat memveto rancangan resolusi yang menyerukan mekanisme untuk melindungi rakyat Palestina di Gaza. Rancangan ini diajukan oleh Kuwait pada sidang Dewan Keamanan (DK) PBB yang digelar Jumat (01/06). Namun amerika memveto rancangan tersebut secara sepihak.

Setelah menggunakan hak vetonya,  Amerika Serikat memilih sendiri rancangan resolusi saingannya. Namun tak ada satu suara pun dari 15 anggota DK PBB yang memberikan suara untuk resolusi AS tersebut.

Utusan AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa Nicky Haley menggambarkan rancangan resolusi Kuwait sebagai “pandangan mengerikan” karena tidak menyebutkan nama Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), yang mengontrol Jalur Gaza.

poto : sidang dewan keamanan PBB

Haley mengatakan bahwa teks resolusi Kuwait itu mengandung deskripsi yang sangat tidak pantas tentang peristiwa baru-baru ini, yang meletakkan semua kesalahan pada Israel akibat eskalasi di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara, Haley mengatakan bahwa pemungutan suara adalah tanda lain bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa “memihak dalam melawan Israel, namun tidak mengutuk hamas atas kekerasan di gaza”

Lebih dari 100 demonstran Palestina tewas oleh tembakan Israel dalam beberapa minggu terakhir.

Pejuang bersenjata Palestina membalas dengan menembakkan lebih dari 100 roket dan mortir ke Israel pekan ini, dan tentara Israel menanggapi dengan menembaki puluhan posisi militer di Gaza.

Eskalasi terakhir adalah penembakan paling intens antara Israel dan kelompok bersenjata Palestina sejak perang tahun 2014.

Rancangan resolusi Kuwait menyatakan “penyesalan” dan menyerukan penghentian “kekuatan yang berlebihan, tidak proporsional dan non-diskriminatif” oleh pasukan Israel terhadap warga sipil Palestina. Dia juga “menyesalkan” penembakan roket dari Jalur Gaza terhadap wilayah sipil Israel.

Sepuluh negara memberikan suara mendukung resolusi Kuwait, dengan empat abstain, Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang menentangnya, sementara 11 menolak rancangan resolusi AS dan tiga abstain. (AB).

 

Sumber: aawsat.com

 

Baca juga, AQAP PUJI PEJUANG HAMAS DAN INGATKAN PERLAWANAN KEPADA PENJAJAH AMERIKA