MENTERI LUAR NEGERI TURKI KECAM ISRAEL ATAS PEMBANGUNAN PEMUKIMAN BARU DI TEPI BARAT

Duniaekspress.com (2/6/2018)- Kementerian Luar Negeri Turki mengecam keras persetujuan pemerintah Israel atas pembangunan ratusan unit pemukiman baru di Tepi Barat. Pernyataan keras tersebut dikemukakannya pada hari Jum’at (1/6).

“Kami sangat mengutuk persetujuan yang tidak bertanggung jawab oleh pemerintah Israel untuk membangun 2.000 unit tambahan pemukiman di Tepi Barat, termasuk di Yerusalem Timur yang berada di bawah pendudukan Israel dan keputusan untuk menghancurkan rumah-rumah orang Bedouin Palestina yang terletak di sekitar Yerusalem Timur, ibu kota Palestina, ”kata kemterian tersebut sepeti yang dikuti Anadolu, Sabtu (2/6/2018).

“Kami dengan tegas menolak langkah-langkah ini, yang mengabaikan hukum internasional,” tambahnya.

Baca Juga:

MILISI SYIAH HOUTHI ANCAM ABU DHABI

TURKI MEMILIKI SIMPANAN EMAS 400 TON UNTUK HADAPI TURUNNYA NILAI TUKAR MATA UANG

Sekitar 600.000 orang Israel saat ini tinggal di lebih dari 100 pemukiman Yahudi yang dibangun di seluruh Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak Israel menduduki wilayah itu pada tahun 1967.

Palestina menginginkan daerah-daerah ini, bersama dengan Jalur Gaza, untuk masa depan negara Palestina.

Hukum internasional memandang Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai “wilayah berpenduduk” dan menganggap semua aktivitas pembangunan pemukiman Yahudi di tanah itu ilegal. [fan]