PERTEMPURAN DI YAMAN BARAT, 70 PEMBERONTAK TEWAS OLEH SERANGAN UDARA KOALISI DAN BENTROKAN DENGAN PASUKAN PEMERINTAH YAMAN

Duniaekspress.com (4/5/2018)- Setidaknya 70 pemberontak Houthi dilaporkan tewas pada hari Ahad oleh serangan udara oleh koalisi pimpinan Saudi dan bentrokan dengan pasukan pemerintah di Yaman barat.

Emirates News Agency melaporkan Jet tempur dan artileri koalisi menyerang posisi pemberontak di pantai barat Yaman.

“Serangan itu telah memaksa para pemberontak melarikan diri, meninggalkan senjata mereka di belakang,” lansir Emirates

Sementara itu, pasukan pemerintah Yaman dilaporkan maju di provinsi Al-Hudaydah menuju bandara dan pelabuhan strategis di daerah itu, kata WAM.

Pasukan pemerintah telah berhasil menangkap 21 pemberontak selama operasi di Al-Hudaydah, katanya.

Tidak ada komentar dari kelompok Syiah Houthi tentang klaim tersebut.

Berita Terkait:

MILITER YAMAN KLAIM KEMENANGAN DI SAADA

MILISI SYIAH HOUTHI ANCAM ABU DHABI

YAMAN REBUT HUDAYDAH DARI MILISI SYIAH HOUTHI

Yaman yang miskin telah didera kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibukota Sanaa.

Konflik meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Sunni-Arabnya yang menuduh milisi Houthi melayani sebagai proxy Iran meluncurkan kampanye besar-besaran di Yaman yang bertujuan untuk mengembalikan keuntungan Houthi.

Kekerasan telah menghancurkan infrastruktur dasar Yaman, termasuk sistem air dan sanitasi, yang mendorong PBB untuk menggambarkan situasi sebagai “salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern”.

Sumber: Anadolu Agency