Duniaekspress.com (6/6/2018)- Ratusan massa aksi solidaritas untuk Palestina kemarin, Selasa (5/6/2018), berkumpul di depat kantor pemerintah Inggris di London dalam rangka memperingati 51 Naksah (tragedi pendudukan wilayah Palestina tahun 1967 oleh penjajah Zionis). Mereka mengecam kunjungan PM Zionis Benjamin Netanyahu ke kerajaan Inggris.

Aksi ini dimotori oleh Forum Palestina di Inggris dan organisasi-organisasi solidaritas Palestina di Inggris. Mereka memulai aksi unjuk rasa dengan orasi di depan kantor pemerintah Inggris kemudian bergerak ke kantor Parlemen Inggris. Mereka membacara pada nama-nama para syuhada yang gugur selama pawai kepulangan akbar oleh peluru-peluru penjajah Zionis di perbatasan timur Jalur Gaza sejak 30 Maret lalu.

Para demonstran menunjukkan kemarahan mereka karena tidak ada pernyataan kecaman resmi pemerintah Inggris atas kejahatan yang dilakukan penjajah Zionis terhadap pekerja medis Palestina Razan Najjar, yang gugur di perbatasan Jalur Gaza saat melakukan tugas kemanusiaan. Mereka mengecam kunjungan Netanyahu ke Inggris yang rencananya dilakukan hari ini, Rabu (6/6/2018).

Ketua Forum Palestina di Inggris, Hafez Karmi, menyatakan rasa terima kasihnya atas kehadiran ratusan massa  aktivis dan relawan solidaritas, meskipun belakangan banyak demonstrasi dan kaum muslimin sedang berpuasa. Dengan dana keras dia sampaikan pesan keppada Perdana Menteri Inggris Terza May, “bahwa besok dia akan berjabat tangan yang berlumuran darah para medis, jurnalis, anak-anak dan orang-orang tidak berdosa.”

Karmi menyerukan untuk menggelar aksi unjuk rasa seteiap hari di depan kantor pemerintah Inggris untuk mengecam kunjungan Netanyahu. [fan]