MILITER ISRAEL TEMBAKI PESERTA AKSI KEPULANGAN DI GAZA

Duniaekspress.com (9/6/2018)- Empat orang warga gugur dan ratusan lainnya terluka, dalam aksi Jumat siang (8/6) akibat tindakan represif militer Yahudi.

Pusat Informasi Palestina merilis informasi aksi solidaritas sejuta umat al-Quds dan mengutip info terbaru dari kementerian kesehatan, bahwa jumlah korban luka sampai saat ini mencapai 618 orang, dan korban gugur syahid mencapai 4 orang.

Mereka yang gugur: Ziyad albarim (25) di Khanyunis Timur, Imad Abu Darobi (21) di Gaza Utara, Bocah Haitsam Abu Jamal (14) di Rafah Timur, dan Yusuf al Fasih (29) di Gaza Timur.

Sementara sumber media melaporkan 5 wartawan mengalami luka-luka saat meliput aksi di Gaza Timur, antara lain
kameramen kantor berita Perancis, Muhammad al Baba dan koresponden Suara al-Aqsha Ismail Abu Umar.

Menurut sumber Pusat Informasi Palestina, pasukan Israel menembaki petugas medis secara intensif menggunakan gas air mata di kemah kepulangan, Gaza Timur, tempat kehadiran delegasi Konvoi Miles of Smiles.

Kementerian kesehatan melaporkan, pasukan zionis secara langsung menyerang kendaraan ambulan di Khanyunis Timur, yang merusak kaca mobil bagian depan.

Rakyat Palestina mulai berdatangan ke kemah-kemah kepulangan di Gaza Timur pada siang hari, untuk berpartisipasi dalam aksi Jumat ke 11 pawai kepulangan akbar, bertema “Sejuta Umat al-Quds”.

Saat kedatangan warga ke kemah-kemah kepulangan yang bertebaran di Gaza Timur, pasukan Israel mulai menghujani mereka dengan gas air mata, dan tembakan peluru tajam.

Para demonstran segera membakar ban-ban karet di lokasi pertemuan dengan pasukan zionis, untuk menutup pandangan para sniper militer zionis.

Sementara di pihak zionis, 3 serdadu mereka mengalami gangguan pernapasan akibat terpapar asap tebal dari kebakaran besar di Ashkul yang dipicu oleh layang-layang api dari Gaza.

Jumlah korban gugur di pihak Palestina mencapai 129 orang, termasuk 6 jenazah yang ditahan, terdapat 13 anak-anak dan seorang wanita. Sementara korban luka menapai 13672 orang, sejak 30 Maret aksi damai pawai kepulangan akbar di Gaza. (IF).

 

Baca juga, TIM SEPAK BOLA ARGENTINA BATALKAN PERTANDINGAN MELAWAN ISRAEL