KETEGANGAN MELANDA JAMA’AH SETELAH AKSI BUNUH DIRI MELOMPAT DARI ATAS KA’BAH

Duniaekspress.com. (10/6/2018). – Mekkah – Ketegangan dan ketakutan melanda para jemaah yang sedang melakukan ibadah di Masjidil Haram, Mekkah pada Jumat malam 8 Juni 2018. Hal itu terjadi ketika seorang pria melakukan aksi bunuh diri di depan Ka’bah.

Sabtu 9 Juni 2018, aksi pria nekat tersebut diketahui dengan melompat dari atap mataf setelah melakukan salat Isya. Pria tersebut diidentifikasi berusia sekitar 35 tahun. Namun belum diketahui secara pasti identitasnya.

Sampai saat ini, pihak berwenang juga masih melakukan pendalaman atas alasan aksi yang dilakukan pria tersebut. Dan penyelidikan masih terus berlangsung. Alasan bunuh diri yang dilakukan pria tersebut belum meyakinkan.

image_title

Polisi Gagalkan Serangan Teror Bom Bunuh Diri ke Masjidil Haram

Identitas pria yang tewas usai terjun dari atap Masjidil Haram di Mekkah, Arab saudi, masih belum jelas. Insiden mengerikan ini terjadi saat ribuan jemaah baru selesai menunaikan Salat Isya di dalam Masjidil Haram pada Jumat (8/6) malam.

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pria yang terjun dari atap Masjidil Haram itu merupakan warga negara asing. Namun identitasnya dan kewarganegaraannya belum terungkap.

Seperti dilansir media lokal Pakistan, thenews.com.pk, Sabtu (9/6/2018), pria yang terjun itu disebut sebagai pria berusia 35 tahun asal Pakistan. The News menyebut pria itu bunuh diri dengan terjun dari lantai atas Masjidil Haram.

Insiden mengerikan ini terekam kamera amatir yang videonya dilampirkan oleh The News. Video yang agak samar itu menunjukkan sosok seorang pria berbaju hitam memanjat pagar pembatas dan tiba-tiba terjun bebas dari lantai paling atas Masjidil haram. Tubuh pria itu terjatuh di tengah-tengah kerumunan jemaah berkain ihram warna putih.

Media lokal Pakistan lainnya, Daily Pakistan, menyebut pria asing itu merupakan seorang mualaf asal Prancis berusia 26 tahun. Daily Pakistan mengutip portal berita Saudi, Ajel, dalam laporannya.

Informasi pasti yang diberikan Kepolisian Mekkah, seperti dilansir SPA, sejauh ini hanya menyebut insiden ini terjadi pada Jumat (8/6) malam, sekitar pukul 21.20 waktu setempat. Kepolisian Mekkah juga menyebut pria itu tewas seketika usai terjun dari atap Masjidil Haram.

“Jenazahnya dilarikan ke rumah sakit, menyusul masih dilakukannya penyelidikan terhadap insiden ini, khususnya soal identitasnya, juga soal alasan di balik perilaku ini meskipun telah dibangun pagar yang kuat untuk melindungi orang-orang agar tidak terjatuh,” demikian pernyataan juru bicara kepolisian Mekkah seperti dikutip SPA.

Kepolisian Mekkah menyatakan, motif pria itu terjun dari atap Masjidil Haram masih diselidiki. Meskipun berbagai laporan media menyebut pria itu bunuh diri. (RR).

sumber : Saudi Press Agency (SPA)

Baca juga, ADU STRATEGI, PUTRA MAHKOTA RIYADH VS PUTRA MAHKOTA JIHAD