UNTUK PERTAMA KALINYA THALIBAN MENGUMUMKAN GENCATAN SENJATA

Duniaekspress.com (9/6/2018)- Thaliban untuk pertama kalinya mengumumkan gencatan senjata tiga hari selama hari raya Idul Fitri pada akhir pekan ini, menyusul gencatan senjata yang diumumkan oleh pemerintah.

Kelompok pejuang bersenjata itu mengatakan bahwa gencatan senjata ini tidak berlaku bagi pasukan asing dan bahwa mereka akan mempertahankan diri terhadap serangan apa pun.

Dalam pidato televisi pada hari Kamis, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan gencatan senjata tanpa syarat dengan Thaliban hingga 20 Juni, bertepatan dengan berakhirnya bulan puasa Ramadhan.

Ghani mengatakan pertempuran melawan kelompok bersenjata lainnya seperti Negara Islam Irak dan Levant (ISIL, juga dikenal sebagai ISIS) akan terus berlanjut.

Langkah mengejutkan oleh pemerintah datang beberapa hari setelah pertemuan para pemimpin agama terkemuka Afghanistan diKabul.

Pertemuan para pemuka agama itu diserang pada hari Senin oleh seorang pembom bunuh diri yang menewaskan sedikitnya tujuh orang.

Thaliban telah mengutuk pertemuan itu dan bersikeras bahwa perjuangannya melawan penjajah asing dibenarkan. Thaliban mendesak para ulama untuk memihaknya terhadap “pendudukan” negeri itu.

Thaliban dalam pernyataan bahwa kepemimpinan Thaliban akan mempertimbangkan melepaskan tahanan perang, jika mereka berjanji untuk tidak kembali ke medan perang. (IF)

 

Baca juga, PESAN MUJAHIDIN THALIBAN : JUJURLAH PADA RAKYAT AMERIKA