SEBAIK-BAIK MAYAT ( KEMATIAN ) DI KOLONG LANGIT
Adalah orang-orang yang dibunuh oleh Khawarij.
———————
Duniaekspress.com. (11/6/2018).  Banyaknya peristiwa pembunuhan yang dilakukan oleh kaum ghuluw yang berfaham khawarij, terhadap mujahidin dan kaum muslimin lainya di luar kelompok mereka. Mengundang suatu pertanyaan bagaimana, keadaan kematian mujahidin dan kaum muslimin lainnya yang dibunuh oleh orang-orang yang berfaham khawarij tersebut.
Dan sejelek-jelek mayat adalah mereka; Khawarij –Anjing-anjing Neraka-!
Janganlah umat Islam ragu untuk memerangi mereka dalam rangka membela diri atas serangan mereka (kaum khawarij),  karena ada keutamaan bagi orang-orang yang dibunuh oleh mereka.
Dari shahabat Abu Umamah -rodhiyallahu ‘anhu-, bahwasanya beliau pernah mendengar Rasulullah -shollallahu ‘alaihi wasallam- bersabda:
كِلَابُ النَّارِ شَرُّ قَتْلَى تَحْتَ أَدِيمِ السَّمَاءِ، خَيْرُ قَتْلَى مَنْ قَتَلُوهُ
“Anjing-anjing neraka (adalah) sejelek-jelek mayat (yang ada) di bawah kolong langit. (Adapun) sebaik-baik mayat ( kematian yang terbunuh) adalah orang-orang yang dibunuh mereka.”
[ HR. At-Tirmidzi no. 3000 , Ibnu Majah no. 176 , Al-Hakim no. 2654 , Ahmad no. 22151, 22183, 22208, 22314, Abdurrozzaq dalam “Mushonnaf” no. 18663, Ibnu Abi Syaibah no. 37892, dan selain mereka. ]
Derajat Hadits: Hasan.
Dihasankan Asy-Syaikh Al-Albani –rohimahullah- dalam kitab “Al-Misykah” no. 3554 – (22).
〰〰〰
Yang dimaksud dengan anjing-anjing neraka di sini adalah khawarij, sebagaimana disebutkan dalam hadits Ibnu Abi Aufa rodhiyallahu ‘anhu;
“Khawarij itu anjing-anjing neraka”
[ HR. Ahmad no. 19130 dan Ibnu Majah no. 173. ] , Dishohihkan Asy-Syaikh Al-Albani -rohimahullah- dalam ”Shohih Al-Jami’” no. 3347.
Wallahu’alam bishowab.