MUJAHIDIN THALIBAN TERUS KUASAI BERBAGAI DISTRIK DI AFGHANISTAN

Duniaekspress.com (12/6/2018)- Pejabat pemerintahan Afghanistan mengatakan, Taliban telah melakukan beberapa serangan mematikan di setidaknya empat provinsi Afghanistan pada hari pertama gencatan senjata yang diumumkan sepihak oleh pemerintah.

“Di Provinsi Faryab utara, serangan Taliban menewaskan seorang gubernur distrik dan sejumlah personil keamanan selama serangan terkoordinasi di pos pemeriksaan di distrik Kohistan,” kata jurubicara pemerintah provinsi Ahmad Javaid, seperti yang dilansir Anadolu Agency, Selasa (12/6/2018).

Kohistan adalah sebuah distrik bergolak di provinsi Faryab Afghanistan utara yang berbatasan dengan Uzbekistan.

Menurut radio Afghanistan Salam, lebih dari 30 anggota Polisi Lokal Afghanistan hilang, sementara tiga tentara tewas ketika kelompok pejuang Taliban menyerbu pos pemeriksaan Senin malam di distrik Sayad di provinsi Sar-i-Pul utara.

Baca Juga:

KABUL KEMBALI DIGUNCANG BOM, SEDIKITNYA 12 ORANG TEWAS

KEZUHUDAN AMIR MUJAHIDIN IMARAH ISLAM AFGHANISTAN

UNTUK PERTAMA KALINYA THALIBAN UMUMKAN GENCATAN SENJATA

Juru bicara Taliban Qari Yosuf Ahmadi mengatakan puluhan personil keamanan Afghanistan telah tewas dan terluka, empat lainnya ditahan sementara tiga truk pickup dan sejumlah senjata berat dan peralatan disita dalam serangan di Sar-i-Pul.

Taliban juga mengklaim menguasai distrik Parchman di Farah.

Secara terpisah, Anggota Dewan Ghazni mengatakan, setidaknya enam polisi tewas dan 19 lainnya terluka dalam aksi serangan bom mobil Taliban yang ditujukan ke markas polisi distrik di distrik Muqar provinsi Ghazni.

Provinsi Ghazni telah menyaksikan beberapa bentrokan mematikan sejak Taliban melancarkan serangan musim semi tahunannya pada bulan April.

Serangan terakhir terjadi setelah pasukan pemerintah mulai mengamati hari pertama gencatan senjata sepihak yang dinyatakan oleh Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani pekan lalu, yang seharusnya berlangsung delapan hari mulai Selasa. [fan]