TALIBAN SERBU POS PEMERIKSAAN MUSUH DI DISTRIK JURM,  18 TEWAS 3 LUKA-LUKA

Duniaekspress.com (13/6/2018)- Komandan Polisi Afghanistan mengatakan, kelompok-kelompok Taliban termasuk di dalamnya militan Asia Tengah, menyerbu pos pemeriksaan di provinsi Badakhshan utara Afghanistan yang berbatasan dengan Tajikistan yang menewaskan sedikitnya 18 personel keamanan serta melukai beberapa lainnya.

Mohammad Razaq, komandan Polisi Lokal Afghanistan (ALP) di provinsi itu, menginformasikan kepada media Anadolu Agency bahwa Taliban menyerang pos pemeriksaan di distrik Jurm sekitar pukul 00:00 waktu setempat dan pertempuran terjadi hingga lima jam.

Dia membenarkan bahwa 18 pasukan keamanan tewas dan tiga orang terluka, sementara delapan militan Tajik tewas oleh pasukan keamanan.

Seorang juru bicara Taliban, Abdul Qahar Balkhi, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam akun twitternya.

Baca Juga:

TALIBAN TERUS KUASAI DISTRIK-DISTRIK DI AFGHANISTAN

MUJAHIDIN THALIBAN BONGKAR KLAIM PALSU NATO, TENTANG KESEPAKATAN DAMAI

Ini terjadi ketika pasukan Afghanistan sedang mengamati hari kedua gencatan senjata sepihak sejalan dengan arahan yang dikeluarkan oleh Presiden Mohammad Ashraf Ghani pekan lalu dengan harapan untuk menghidupkan kembali proses perdamaian yang terhenti. Thaliban membongkar klaim palsu NATO tentang kesepakatan damai ini yang hanya diwakili oleh orang-orang yang mencari muka di hadapan musuh dan samasekali tidak mewakili taliban.

Taliban telah menanggapi dengan pengumuman gencatan senjata yang sama selama tiga hari dari peringatan hari raya suci Muslim Idul Fitri 1439 H.