duniaekspress.com, 25 Juni 2018. Recep Tayib Erdogan menang mutlak dalam pemilu Turki babak pertama untuk menjadi presiden turki kembali pada lima tahun ke depan. Erdogan dalam pemilu Turki tersebut memperoleh 53% suara,  dan saingan terdekatnya adalah Muharram Ince dengan 31% suara.
Pria berusia 64 tahun itu memberikan pidato kemenangannya dari balkon markas partainya di ibukota Ankara pada pukul 03:00 (00:00 GMT), menyatakan: “Pemenang dari pemilihan ini adalah setiap individu dari 81 juta warga Turki.”
Sementara Muharram Ince mengakui kekalahannya namun belum memberikan pernyataan resmi, dia tetap berada di kantor KPU untuk memastikan tidak adanya kecurangan.

VOTING SENAT AMERIKA BLOKIR PENJUALAN JET TEMPUR SILUMAN F35 KE TURKI

Sementara dalam pemilihan parlemen, partai pengusung Erdogan, yaitu AKP, juga mendominasi parlemen dengan kemenangan 42%, sementara partai saingan terdekat, yaitu CHP dengan perolehan 23% suara.
Dalam pidato kemenanganya hari Senin ini Erdogan mengatakan bahwa Turki akan terus “membebaskan tanah Suriah” sehingga para pengungsi dapat kembali ke Suriah dengan aman.

Ada seruan dari ulama suriah Abu Basheer Atthurthusi yang menyerukan muslim turki untuk memilih Erdogan demi masa depan Suriah, meski beliau terkenal anti terhadap demokrasi. Karena jika Erdogan kalah dilansir saingannya, Muharram Ince yang merupakan kemalis akan melakukan kerjasama dengan Assad dan mengembalikan semua pengungsi.

(AZ)