KAPAL NELAYAN CINA DI LAUT CINA SELATAN BUTAKAN PILOT PESAWAT MILITER AMERIKA DENGAN MENEMBAKKAN LASER

duniaekspress.com 28 Juni 2018. kilatan cahaya yang membutakan pilot tempur untuk sementara waktu. Ini adalah cara baru China untuk menegakkan klaim teritorial baru yang luas.

Menurut sumber militer AS, sekitar 20 serangan seperti itu dilakukan pada aircrew yang beroperasi di Laut Cina Timur sejak September tahun lalu.
Serangan terakhir terjadi dalam dua minggu terakhir.

Aviation Week mengutip sumber Marinir AS yang mengatakan serangan itu datang dari “berbagai sumber yang berbeda, baik di darat maupun dari kapal-kapal penangkap ikan”.

Semua aspek ekonomi Cina dikendalikan oleh negara. Dan armada penangkapan ikan cina juga dioperasikan sebagai milisi, bekerja berdekatan dengan angkatan laut Beijing karena berusaha menegaskan klaim sewenang-wenang untuk mengendalikan Laut Cina Selatan dan Timur secara keseluruhan.
Dalam hal ini, kapal-kapal penangkap ikan Tiongkok dan kapal penjaga pantai yang dikendalikan militer unjuk gigi di rantai pulau Senkaku di Jepang. Beijing bersikeras bahwa singkapan pegunungan tersebut adalah milik Cina, dan menamai kepulauan tersebut sebagai kepulauan Diaoyu.

SYAIKH ABU QATADAH MERASA SENANG ATAS KEMENANGAN ERDOGAN

VOTING SENAT AMERIKA BLOKIR PENJUALAN JET TEMPUR SILUMAN F35 KE TURKI

Ketegangan atas pulau-pulau telah berulang kali mencapai titik puncak dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa ketegangan yang memuncak antara angkatan laut dan angkatan udara kedua negara (Jepang dan China).

Sebuah gambar dari video yang dirilis oleh polisi Australia menunjukkan laser yang berpotensi menyilaukan diarahkan ke helikopter polisi dari permukaan

Padahal, jalur laut tersebut adalah bagian dari jalur laut sibuk yang membawa sejumlah besar perdagangan internasional.

Seorang juru bicara militer mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa tidak ada awak pesawat AS yang terluka parah akibat serangan itu. Tapi kebutaan sementara dan potensi kerusakan penglihatan serius yang disebabkan kecelakaan tersebut bisa sangat mengganggu.

Tuduhan baru itu menyusul laporan awal tahun ini bahwa pangkalan ekspansif angkatan laut dan angkatan laut baru China di negara Afrika, Djibouti, juga telah menargetkan pesawat yang beroperasi dari fasilitas AS terdekat dengan laser kelas militer yang menyilaukan.

Sebuah pesawat transportasi Hercules AS dilaporkan disasar oleh laser yang berasal dari pangkalan militer Cina di Djibouti awal tahun ini. Sekarang sudah terungkap serangan serupa terjadi di Laut Cina Timur

Boleh jadi cara ini bermanfaat dalam perang untuk menggagalkan serangan pesawat musuh.

(AZ)