ROKET HOUTHI MENYEBABKAN BOCAH LIMA TAHUN TERLUKA

Duniaekspress.com (4/7/2018)- Pihak berwenang Saudi mengatakan, pemberontak Houthi Yaman pada hari Selasa telah menembakkan roket ke provinsi Jizan di selatan Arab Saudi yang mengakibatkan terlukanya seorang anak yang berusia lima tahun.

“Anak itu dibawa ke rumah sakit setempat setelah roket Katyusha menyerang,” kata pejabat pertahanan dalam sebuah pernyataannya seperti yang dikutip Al Arabiyah, Rabu (4/7/2018).

Pemberotak Houthi Yaman yang didukung Iran telah meningkatkan serangan rudalnya terhadap negara Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga:

5000 HEKTAR LAHAN TERBAKAR, ISRAEL DIAMBANG KEBANGKRUTAN

IMARAH ISLAM BUKANLAH KELOMPOK, MELAINKAN SEBUAH PEMERINTAHAN

Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan sekutu lainnya campur tangan di Yaman pada Maret 2015 untuk memulihkan pemerintah yang diakui secara internasional untuk berkuasa setelah pemberontak Houthis mengusirnya dari petak-petak negara, termasuk ibukota Sanaa.

Penyerangan terbaru terjadi setelah pasukan pro-pemerintah Yaman yang didukung oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab menghentikan dorongan mereka ke kota pelabuhan Laut Merah strategis Hudaidah, sambil menunggu penarikan milisi Houthi yang dijanjikan.

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional (saat ini berpusat di kota Aden) dan sekutu-sekutunya menuding Houthi menggunakan pelabuhan (Hudaidah) untuk menyelundupkan senjata dari Iran.

Yaman dilanda perang saudara sejak 2014, ketika kelompok pemberontak Houthi menguasai Ibu Kota Sanaa dan sebagian besar wilayah negara, sehingga memaksa pemerintah Yaman yang diakui secara internasional melarikan diri ke Arab Saudi.

Konflik meningkat setelah Arab Saudi dan sekutunya melancarkan kampanye udara besar-besaran untuk menggulingkan pertahanan Houthi pada tahun 2015.

Konflik telah menghancurkan infrastruktur Yaman, termasuk sistem air dan sanitasi, membuat PBB menggambarkan situasi Yaman sebagai “salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern”.