SENAT IRLANDIA DUKUNG BOIKOT PRODUK ISRAEL

Duniaekspress.com(12/7/2018)- Senat Irlandia pada hari Rabu (11/7) memberikan dukungan atas undang-undang yang melarang perdagangan barang-barang yang dihasilkan dari daerah penjajah yang melakukan pendudukan di seluruh dunia, termasuk Israel yang dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional

Usulan pelarangan tersebut, sebelumnya, disampaikan oleh salah seorang anggota parlemen dari kelompok independen dan mendapatkan dukungan dari mayoritas partai kecuali partai pemerintah, Fine Gael.

RUU ini akan dibawa ke sidang parlemen untuk dibahas dan melakukan pengambilan suara. Jika lolos, RUU ini masih akan melalui beberapa langkah berikutnya untuk ditinjau kembali dan diamandemen sebelum ditandatangani menjadi Undang-Undang.

Baca Juga:

PERNYATAAN TALIBAN TERKAIT KONFERENSI ULAMA DI SAUDI

APARAT KEAMANAN TURKI TANGKAP HARUN YAHYA

Sikap parlemen Irlandia itu mendapatkan sambutan gembira dari Palestina. Saeb Erekat, pemimpin senior Organisasi Pembebasan Palestina, PLO, menilai keputusan Senat Irlandia adalah bersejarah dan sekaligus desakan bagi negara-negara di dunia melakukan hal yang sama.

“Hari ini Senat Irlandia telah mengirimkan sebuah pesan yang sangat jelas kepada komunitas internasional, khususnya Uni Eropa: merundingkan solusi dua negara tidaklah cukup kecuali dengan tindakan nyata,” kata Erekat dalam sebuah pernyataannya, seperti di kutip Al Jazeera, Rabu (11/7/2018)

Sikap parlemen Irlandia ini seperti menyusul keputusan 22 organisasi sipil Eropa yang mendesak seluruh negara Eropa memboikot jual beli barang dengan Israel yang dihasilkan dari daerah pendudukan.