Duniaekspress.com (20/7/2018)- Seorang warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza setelah Israel mengatakan salah satu dari pesawatnya menargetkan kelompok yang meluncurkan balon-balon membawa bom api.

“Tiga orang lainnya terluka pada Kamis dalam serangan di timur Rafah di Jalur Gaza selatan,” kata kementerian kesehatan, yang dikutip Al Jazeera, Kamis (19/7/2018).

Seorang anggota keluarga korban mengatakan, orang Palestina yang tewas tersebut itu bekerja sebagai polisi perbatasan di daerah kantong Hamas.

Dilaporkan dari Gaza, Charles Stratford dari Al Jazeera mengatakan seorang pria berusia 22 tahun, yang tampaknya anggota Brigade al Qassam, sayap bersenjata Hamas, tewas.

“Orang-orang Israel mengatakan bahwa dia dan tiga orang lainnya, setidaknya dua di antaranya melakukan perjalanan dengan sepeda motor, terlibat dalam meluncurkan lebih banyak dari balon-balon ini,” katanya. “Hamas juga mengatakan bahwa mereka mendukung tindakan ini dalam apa yang mereka gambarkan sebagai cara protes tanpa kekerasan,”

Baca Juga:

KEBAKARAN SEMAKIN MELUAS DIWILAYAH ISRAEL

RATUSAN PEMUKIM YAHUDI SERBU AL-AQSHA DAN GELAR RITUAL TALMUD

Para pengunjuk rasa Palestina yang terlibat dalam serangan bom-bom api itu mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka akan terus mengirim balon dan layang-layang sampai Israel mengangkat blokade 12-tahun di Gaza.

Menyusul serangan hari Kamis, tentara Israel mengatakan para pejuang Palestina membalas dengan meluncurkan mortir ke arah tentara di dekat pagar perbatasan.

Israel Panik Kebakaran Terus Meluas

Serangan balon dan layang-layang api dari Gaza menyebabkan kebakaran besar kembali terjadi disejumlah wilayah di permukiman Israel di pinggiran Jalur Gaza, Rabu (18/7/2018).

Sebelumnya surat kabar Zionis Ma’arev menyebutkan bahwa layang-layang dan balon-balon api telah menyebabkan 15 kebakaran pada hari Rabu (18/7/2018), sementara itu tim pemadam kebakaran terus berusaha untuk menguasai korbaran api.

Sumber Israel lain menyebutkan bahwa jumlah kebakaran bertambah menjadi 23 kebakaran di pinggiran Jalur Gaza.