Duniaekspress.com (3/8/2018)- Ratusan orang turun ke jalan-jalan di Kopenhagen pada hari Rabu untuk memprotes larangan baru untuk penggunaan penutup wajah atau niqab di depan umum. Ini adalah upaya melawan tindakan diskriminatif.

Para aktivis mengatakan mereka berniat untuk terus memprotes larangan tersebut dan para wanita muslim yang mengenakan niqab telah bersumpah untuk melawan aturan diskriminasi tersebut..

Langkah baru, yang mulai berlaku pada hari Rabu (1/8), memberikan polisi hak untuk mengeluarkan denda di tempat untuk orang-orang yang menutupi wajah mereka di depan umum.

Berita Terkait:

MUSLIMAH DENMARK LAWAN PELARANGAN NIQOB

Pelanggar dapat didenda 1.000 kroner ($ 157) pada tiga kesempatan pertama dan meningkat menjadi 10.000 kroner ($ 1.570) untuk pelanggaran keempat.

Panduan yang dikeluarkan kepada polisi mengatakan bahwa petugas dapat menangkap orang (pengguna niqob, red) karena melawan hukum jika dianggap perlu, tetapi polisi harus “bertindak dengan lembut dan mempertimbangkan situasi memungkinkan”.

Anggota parlemen Denmark membenarkan hukum sebagai sarana untuk menjaga nilai-nilai demokratis sekuler Denmark.

Inilah 10 Negara Eropa yang melarang penggunaan niqob

Perancis
Sejak April 2011, Prancis telah melarang penutup wajah, termasuk burqa dan niqab. Wanita yang ditemukan melanggar larangan didenda 150 euro.

Pada tahun 2016, larangan burqa, pakaian renang tubuh-penuh, oleh walikota di Riviera Prancis menyebabkan kemarahan global. Itu kemudian dicabut setelah perlawanan hukum di kota Villeneuve-Loubet. Pengadilan tinggi pemerintahan Perancis memutuskan bahwa larangan itu “melanggar kebebasan mendasar”.

Belgia
Belgia melarang pengunaan cadar, termasuk niqab dan burqa, pada Juli 2011. Wanita yang melanggar larangan itu dapat dipenjara hingga tujuh hari atau membayar denda € 137,5.

Rusia
Jilbab dilarang di sekolah umum di wilayah Stavropol, di barat daya negara itu. Ukuran kontroversial dijunjung tinggi oleh Mahkamah Agung pada Juli 2013.

Pada Februari 2015, Mahkamah Agung Rusia juga memutuskan untuk menegakkan larangan hijab di sekolah-sekolah di Republik Mordovia.

Italia
Di wilayah timur laut Lombardy, para pejabat memberlakukan larangan memasuki gedung-gedung publik dan rumah sakit dengan wajah tertutup (memakai cadar, red), yang mencakup burqa dan niqab, pada bulan Desember 2015.

Swiss
Di wilayah selatan Ticino yang berbahasa Italia, cadar penuh dilarang pada 2016; pelanggar dapat didenda hingga 9.200 euro.

Bulgaria
Parlemen Bulgaria melarang pengunaan cadar di depan umum pada Oktober 2016. Orang-orang yang melanggar larangan ini menghadapi denda 1.500 lev ($ 1.115).

Jerman
Pada 2017, parlemen Jerman menyetujui pelarangan cadar, termasuk niqab dan burqa, bagi perempuan yang bekerja di layanan sipil, peradilan, dan militer. Hal ini diikuti oleh pelarangan kerudung wajah penuh (Burqa, red) di sekolah-sekolah, tempat pemungutan suara, universitas, dan kantor-kantor pemerintah, dihasut oleh negara bagian selatan Bavaria.

Guru Jerman juga dilarang mengenakan jilbab. Pada 2015, pengadilan konstitusional menolak larangan mengenakan jilbab bagi para guru di sekolah umum.

Austria
Pelarangan jilbab dan cadar mulai berlaku pada bulan Oktober 2017, yang melarang kerudung dengan wajah penuh, termasuk niqab dan burqa, di tempat-tempat umum. Pelanggaran dapat dihukum dengan denda hingga 150 euro. Mayoritas peringatan dikeluarkan terhadap orang-orang yang menutupi wajah mereka dengan syal, masker dan kostum binatang.

Belanda
Pada Juni 2018, Dewan Tinggi Atas Belanda mengesahkan undang-undang yang melarang pengunaan penutup wajah, termasuk burqa dan niqab, di ruang-ruang publik seperti sekolah, rumah sakit, transportasi umum dan gedung-gedung pemerintah.

Norwegia
Pada bulan Juni 2018, parlemen Norwegia memilih untuk melarang burqa di sekolah dan universitas.