DRONE SIPIL INI YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBOM MADURO, PRESIDEN VENEZUELA.

Duniaekspress.com, 7 Agustus 2018. Dua hari yang lalu presiden Venezuela, Nicolas Maduro, lolos dari upaya pembunuhan terhadap dirinya melalui alat drone yang membawa paket bom. Diperkirakan ada dua drone yang membawa bom plastik seberat 2 Kg yang rencananya hendak diledakkan di hadapan Maduro saat memberikan pidato pada upacara militer untuk memperingati hari tentara nasional.

Namun upaya tersebut gagal, karena bom meledak sebelum sampai di hadapan Maduro, dan segera saja para pasukan pengaman presiden Venezuela tersebut memberikan perlindungan dengan memayungi sang presiden dengan beberapa rompi anti peluru. Ledakan sempat melukai beberapa perwira militer.

Maduro menyalahkan kelompok sayap kanan atas peristiwa tersebut, namun lepas dari apakah ada intrik politik dalam upaya pembunuhan tersebut, pihak keamanan mempublikasikan alat drone yang digunakan pembunuh, gambar yang ditampilkan adalah drone sipil berjenis M600, yang biasa digunakan untuk membawa kamera resolusi tinggi yang memang berat, biasanya untuk pengambilan syuting film

Drone m600 yang diperkirakan menjadi sarana untuk membunuh Maduro

Berikut ini spesifikasi drone yang memiliki 6 baling-baling dan nama lengkapnya DJI matrice 600 tersebut :

Dimensi :167x 152 x76 cm (posisi dibuka)

Berat kosong + 6 baterai : 9,1 – 9,6 Kg (bergantung jenis baterei), masing-masing baterei 5700 mAh

Jangkauan remote : radius 3,5 Km

Ketinggian maksimum : 2,5 Km

Payload : maksimal 6 Kg

Kecepatan maksimum : 18 m/s (tanpa angin)

Lama terbang : 35 menit (tanpa beban), 16 menit dengan beban maksimal

Harga  : $4600. (lebih kurang 60 juta rupiah)

Demikianlah spesifikasi drone m600.

KAPAL NELAYAN CINA BUTAKAN PILOT MILITER AMERIKA DENGAN LASER

KEPALA PENGEMBANGAN SENJATA KIMIA SURIAH TEWAS

Mengkounter Ancaman Drone

Ada beberapa cara dalam mengalahkan drone sipil:

  1. Drone gun

Tampilannya seperti senjata alien, prinsip alat ini adalah mengganggu sinyal remot drone sehingga drone kehilangan kontrol. Gelombang yang dipancarkan diarahkan kepada drone, bentuk gelombang yang dipancarkan adalah gelombang wifi, namun lebih kuat.

Drone gun membom drone dengan gelombang wifi

2. Dengan Jala

Prinsipnya adalah menangkap drone dengan jala yg dilontarkan dari sebuah senjata pelontar, bisa juga menangkap drone dengan drone lain yang membawa jala perangkap

Senjata yang melontarkan jala untuk menjerat drone

Senjata pelontar jala, tampak depan

Drone pembawa jala perangkap menjerat drone lain

3. Dengan burung

Ya, ini serius. Walau cara ini tradisional, burung, seperti berbagai jenis elang dapat dilatih untuk menjatuhkan drone. Ini juga dilakukan di berbagai negara dunia.

Burung dapat dilatih untuk menjatuhkan drone

Demikianlah teknik sederhana untuk membungkam drone lawan.  Dalam perang drone sipil suka dipakai dalam survei sampai menjatuhkan bom-bom kecil.

Lalu bagaimana dengan drone militer? Amerika banyak menggunakan predator propeler seperti reaper dan predator. Jika kita memiliki pesawat tempur maka akan sangat mudah menembak drone yang lebih nyata, namun jika tidak memiliki pesawat tempur ternyata drone militer dapat dilumpuhkan dengan sinar laser dan microwave. Ya, microwave yang biasa dipakai buat memasak di dapur, hanya saja gelombangnya dibuat lebih kuat dan diarahkan seperti senjata.

Senjata pemancar microwave rusia dapat menjatuhkan drone militer sejauh 6
mil

Untuk membuat senjata jenis ini dapat meniru alat pembangkit kompor microwave, hanya saja dibuat lebih banyak gabungan magnetron (bagian pembangkit sinyal microwave yang ada di dalam kompor microwave) dan dipasang transformator yang besar pula.

(AZ)