Pasukan pemerintah Suriah dibawah komando Bashar Assad mulai mempersiapkan serangan besar-besaran ke Provinsi Idlib

Duniaekspress.com (10/8/2018)- Kelopok aktivis yang bermarkas di Inggris mengatakan, pasukan pemerintah Suriah mulai menembaki kelompok oposisi dan pejuang Hayat Tahrir al-Sham (HTS) di provinsi barat laut Idlib.

“Serangan artileri dan roket pada Kamis pagi menghantam wilayah di sekitar Jisr al-Shughur, kota penting di bagian barat daya provinsi itu,” kata kelompok Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, seperti yang dilansir MEE, Kamis (9/8/2018).

“Pemerintah juga menjatuhkan selebaran yang memperingatkan warga dari serangan yang akan datang,” tambahnya.

Provinsi Idlib adalah wilayah teritorial terbesar yang masih berada di tangan pejuang, dan Presiden Bashar al-Assad telah memperingatkan bahwa itu akan menjadi prioritas militer berikutnya.

Sekitar 60 persen wilayah di provinsi ini sekarang dikuasai oleh kelompok pejuang Hayat Tahrir al-Sham (HTS), yang dipimpin oleh bekas afiliasi al-Qaeda Suriah, sementara sisanya dikendalikan oleh faksi oposisi yang lainnya.

Baca Juga:

AL-QASSAM BERTANGGUNG JAWAB ATAS SERANGAN ROKET

70 ROKET HAMAS HUJANI ISRAEL

“Bala bantuan rezim termasuk peralatan, tentara, kendaraan dan amunisi telah tiba sejak Selasa,” kata Rami Abdurrahman, direktur Observatorium

“Penembakan oleh militer Suriah ini dalam rangka persiapan untuk sebuah serangan yang lebih besar, tetapi sampai saat ini belum terlihat akan terjadinya serangan,” terang Rami Abdurrahman.

Bala bantuan itu disebar di sepanjang tiga front yang dipegang pemerintah, termasuk di provinsi tetangga Latakia di sebelah barat Jisr al-Shughur, di dataran Sahl al-Ghab yang terletak di sebelah selatan Idlib, dan sebagian kecil wilayah ditenggara provinsi Idlib yang sudah ada di tangan pemerintah, kata Observatorium.

Harian al-Watan, melaporkan pada hari Kamis bahwa pasukan tentara telah mengebom posisi di daerah tersebut.