100 Juta Dolar untuk proyek koalisi anti ISIS

Duniaekspress.com. (17/8/2018). – Riyadh – Arab Saudi telah menyumbangkan $ 100 juta kepada Koalisi Anti-ISIS pimpinan AS untuk mendukung proyek-proyek stabilisasi di daerah-daerah yang dibebaskan dari kelompok itu di Suriah timur laut.

“Ini adalah kontribusi terbesar bagi koalisi hingga saat ini untuk bidang-bidang tersebut secara khusus. Dan ini merupakan implementasi dari janji yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al Jubeir pada Konferensi Koalisi Global Koalisi 12 Juli 2018 di Brussels, Belgia yang diselenggarakan oleh AS,” kata Sekretaris Negara AS,  Mike Pompeo, seperti dikutip Al-Arabiya, Jumat (17/08/2018).

Kontribusi besar ini akan memainkan peran penting dalam upaya Koalisi untuk merevitalisasi masyarakat seperti Raqqa, yang telah dihancurkan oleh teroris ISIS.

Dana tersebut akan fokus pada proyek-proyek untuk memulihkan mata pencaharian dan layanan penting di bidang kesehatan, pertanian, listrik, air, pendidikan, transportasi (jalan utama dan jembatan), dan penghapusan puing-puing.

Sesuai dengan kontribusi Arab Saudi hingga saat ini, tambahan $ 100 juta ini akan membantu memfasilitasi kembalinya pengungsi Suriah, dan membantu memastikan bahwa ISIS tidak akan muncul kembali di Suriah, di tetangganya, atau merencanakan serangan terhadap komunitas internasional.

Kontribusi ini mewakili kemitraan erat kerajaan saudi dengan AS dan Koalisi Anti-ISIS, yang bertujuan untuk mempromosikan tanggung jawab bersama di antara semua mitra koalisi untuk menghadapi ancaman regional secara bersama. (RR).

Sumber: Al-Arabiya

 

Baca juga, MUJAHIDIN TALIBAN KLAIM BERSIHKAN ISIS DI UTARA AFGHANISTAN