Kelompok milisi syi’ah bentrok dan saling serang di abukamal

Duniaekspress.com. (27/8/2018). — Abukamal – Kota Abokamal di pedesaan Deir Zour, Suriah, yang berbatasan dengan Iraq, dua hari terakhir menyaksikan ketegangan antara sesama milisi pendukung rezim Bashar Assad. Mereka itu terlibat bentrokan bersenjata hingga menimbulkan ketakutan di kalangan sipil.

Zaman Wasl, portal berita Suriah, melansir dari jaringan berita lokal Furat Post, Ahad (26/08), melaporkan bahwa bentrokan itu terjadi antara milisi Syiah di satu sisi dan milisi Pertahanan Sipil dan Keamanan Militer di sisi lain.

peta : bentrokan sesama milisi syi’ah di abukamal

Adapun yang terlibat dalam bentrokan ini, anggota milisi Syiah Hizbullah Lebanon, Fathimiyun Afghanistan dan Hasd Al-Syakbi Iraq di satu sisi dan milisi Pertahanan Sipil dan Tentara Pertahanan nasional di sisi lain. Warga tidak berani keluar rumah karena takut menjadi korban.

Menurut Furat Post, ketegangan terjadi setelah milisi Hizbullah Lebanon membunuh Umar Fuad Al-Awadh, anggota Pertahanan Sipil, pada Kamis lalu di dekat Masjid Jaber di pusat kawasan Al-Asyarah, kota Abokamal. Mayat Al-Awadh dikubur sehari kemudian.

Insiden itu bermula ketika para petugas jaga di pos Hizbullah Lebanon ingin menangkap dan menyita senjata salah satu anggota Pertahanan Sipil, Khadr Al-Kawwan. Militan Pertahanan Sipil menolak dan melepaskan tembakan ke kaki salah satu militan Hizbullah. Tembakan itu dibalas tembakan di kepala sehingga menewaskan Al-Awadh. Setidaknya dua peluru bersarang di kepalanya.

Abokamal merupakan kota di pinggir Deir Zour yang berbatasang langsung dengan Iraq. Kota ini berhasil direbut dari ISIS pada November 2017 silam. Milisi Syiah ikut menongontrol kota itu karena menjadi jalur pengubung antara Iraq-Suriah. (RR).

Sumber: Zaman Wasl

MILISI SYI’AH BENTROK SESAMANYA

 

Baca juga, SYI’AH ANGKAT KAKI DARI DUA KOTA DI IDLIB