Markas Militer Baghlan jatuh, Mujahidin Taliban rilis Vidio Kemenangan

Duniaekspress.com. (31/8/2018). — Afghanistan — Taliban merilis sebuah video setelah para pejuangnya berhasil merebut pangkalan militer Allahuddin di distrik Baghlan-e Markazi, provinsi Baghlan. Taliban menguasai pangkalan itu pada 14 Agustus, ketika pasukannya terlibat dalam pertempuran di ibukota provinsi Ghazni di Afghanistan timur dan berperang di banyak front lainnya.

Pejuang Taliban berkeliaran di pangkalan militer Allahuddin di distrik Baghlan-e Markazi, yang diserang minggu lalu. Bagaimana dengan santai pejuang Taliban, berjalan di siang hari bolong. Taliban membunuh 45 personil keamanan Afghanistan. Video diedit untuk tidak menampilkan tubuh ANSDF pic.twitter.com/z5C4vRao09

Setidaknya 36 tentara Tentara Nasional Afghanistan dan sembilan Polisi Lokal Afghanistan tewas dalam serangan itu. Taliban mengepung pangkalan dan mengepung personel keamanan Afghanistan sebelum menyerangnya dalam serangan malam hari.

Thaliban rilis vidio tersebut pada hari Kamis (23/8) di Voice of Jihad, situs web resmi Taliban. Seperti banyak video Taliban lain yang serupa yang menunjukkan buntut dari serangan yang sukses di pangkalan militer dan pos-pos terdepan, para pejuang Taliban terlihat berjalan di sepanjang pangkalan itu di siang hari bolong, tanpa takut menjadi sasaran oleh pesawat AS atau NATO.

Puluhan pejuang Taliban bersenjata berat dengan santai berjalan di sekitar kompleks itu atau berdiri diam. Para pejuang Taliban menampilkan kendaraan militer, senjata berat, senjata kecil, dan amunisi yang disita selama serangan itu. Selain itu, Taliban memfilmkan tubuh personil keamanan Afghanistan yang tewas ( LWJ telah mengedit gambar-gambar ini dari video).

Pejuang Taliban menampilkan senjata yang disita setelah mereka menyerbu pangkalan militer Allahuddin di distrik Baghlan-e Markazi, provinsi Baghlan, pekan lalu. 45 personil keamanan Afghanistan tewas dalam serangan itu. Video diedit untuk tidak menampilkan tubuh ANSDF. pic.twitter.com/KNm9LwEwfK

– Bill Roggio (@billroggio) 23 Agustus 2018

Serangan terhadap pangkalan militer Allahuddin mendapat perhatian jauh lebih sedikit daripada serangan serupa oleh Taliban di pangkalan di provinsi Faryab. Setidaknya 43 tentara tewas dan 17 lainnya ditangkap dalam serangan itu, dan sisa 40 tentara yang ditempatkan di sana menyerah kepada Taliban setelah militer Afghanistan gagal mengirim bantuan.

Serangan-serangan terhadap pangkalan militer seperti yang ada di Faryab dan Baghlan sudah sering terjadi di Afghanistan. Pejuang Taliban berkeliaran dan merayakan di pangkalan yang direbut dari militer Afghanistan dan AS dan NATO tidak meluncurkan serangan udara.

Amerika Serikat dan NATO di Afghanistan, merekomendasikan bahwa militer Afghanistan agar mundur dari pos-pos yang lebih terpencil, namun ini akan memberikan lebih banyak wilayah bagi Mujahidin Taliban, yang pada gilirannya memanfaatkan daerah-daerah ini untuk melancarkan serangan terhadap pusat-pusat pemerintahan  rezim Afghanistan. (RR).

Oleh Bill Roggio (Editor Longwarjournal), dipublish 23 Agustus 2018

Sumber:  longwarjournal

 

Baca juga, 1000 TENTARA PEMERINTAH AFGHANISTAN MENYERAHKAN DIRI PADA MUJAHIDIN TALIBAN