418 kali serangan yang diluncurkan Al-shabab dalam enam bulan

Duniaekspress.com. (5/9/2018). — Mogadishu – Gerakan jihadis apiliasi mujahidin Al-aqaidah di somalia yang dikenal dengan sebutan harakat Al-Shabab Somalia, telah meluncurkan sebanyak 418 kali operasi serangan dalam enam bulan. Angka itu berdasarkan data yang dikumpulkan Majalah Amerika Long War Journal (LWJ) pada Selasa (04/09), seperti dinukil portal Mesir Al-Bawabh News.

LWJ menambahkan bahwa ratusan serangan itu selama periode Oktober 2017 hingga April 2018.

Koran yang fokus membahas perang itu melanjutkan, sebanyak 125 serangan terjadi di ibukota Mogadishu dan sekitarnya. 16 di Negara tetangga Kenya dan sisanya di berbagai provinsi Somalia.

LWJ mengatakan Al-Shabab merupakan sayap Pemerintahan Federal Islam di Somalia yang muncul 2006 lalu. Pada 2012, mereka mengumumkan sumpah setia kepada Organisasi Al-Qaidah. Target serangan mereka, pasukan kafir militer Somalia dan pasukan Uni Afrika serta pasukan pendukung.

Foto: Kelompok pejuang jihadis Somalia, Al Syabab

Mujahidin Al-Syabab berusaha melengserkan pemerintahan pusat sebagai pmerintah boneka kaum penjajah salibis dan mengganti dengan pemerintahan yang berbasis Syariat Islam.

Internasional mengirim pasukan ke Somalia setelah Mujahidin Al-Syabab merebut ibukota pada 2011. Kehadiran pasukan asing itu pun membuat pemerintahan Al-Syabab yang belum stabil runtuh dengan cepat.

Meski Mujahidin Al-Syabab mundur dari ibukota, mereka masih mengontrol mayoritas kota di wilayah lain. (RR)

Sumber : Al-Bawabh News

 

Baca juga, SERANGAN MUJAHIDIN AL-SHABAB, MENEWASKAN 24 TENTARA MUSUH