Pembebasan Tawanan salah satu syarat yang diajukan taliban untuk berunding

Duniaekspress.com. (18/9/2018) — Helmand – Gerakan Taliban Afghanistan dikabarkan meminta pembebasan sejumlah komandan seniornya yang tertasebagai syarat mau bwan erunding dengan AS. Taliban hanya mau bernegosiasi dengan Amerika Serikat, bukan pemerintah lokal.

Kantor berita Afghanistan Khameh Pers melaporkan pada Ahad (16/09), seperti dilansir El-Balad, Taliban mungkin meminta pembebasan komandan senior gerakan Jaringan Haqqani, Anas Haqqani, untuk mau duduk di meja perundingan dengan AS.

Khameh menyebutkan bahwa Taliban menuntut pembebasan ratusan anggotanya yang ditahan oleh pemerintah maupun AS sebelum putaran perundingan dengan AS dimulai.

Salah satu sumber komandan Taliban di provinsi Helmand mengatakan kepada Khameh bahwa pertemuan dengan otoritas AS akan membantu membuka jalan perundingan yang bermakna atau bahkan mengagalkan selamnya.

“Jika mereka (AS) jujur untuk berunding, mereka akan menerima tuntutan kami untuk pertukaran tahanan,” ungkap komandan yang meminta namanya tak disebut itu.

Berita ini datang di saat para pejabat Taliban mengumumkan bahwa para pejabat tengah bermusyawarah membahas pembentukan tim delegasi yang terdiri dari tiga atau empat orang. Tim ini nantinya yang akan duduk di meja perundingan dengan Barat.

Sumber-sumber menegaskan bahwa Taliban dapat mengusulkan pertukaran tahanan dan pertemuan lain segera setelah Amerika Serikat menunjukkan keseriusan dalam pembicaraan tentang pembebasan tahanan. (RR)

Sumber: El-Balad

 

Baca juga, MUJAHIDIN TALIBAN TELAH MENANG DI AFGHANISTAN