BKD tingkatkan profesionalisme aparatur sipil negara : CekResi

Lihatlah fitur-fitur The Western Week BKD dan tanggung jawabnya

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah BKD provinsi Jawa Barat.   Apalagi jika ikut merampungkan CPNS di daerahnya masing-masing. BKD atau Badan Kepegawaian Daerah merupakan lembaga negara yang sangat penting dengan beberapa tugas pokok dan fungsi.

BKD paling dikenal masyarakat ketika ada rekrutmen CPNS. Karena tugas utama CCD ini adalah membantu gubernur atau bupati dalam pengelolaan PNS. Dengan demikian, tidak hanya selama pencarian atau rekrutmen PNS, tetapi juga untuk mengatur dan mengawasi PNS.

Jika kamu tertarik untuk menjadi salah satu PNS, maka kamu harus tahu tentang BKD dan apa isinya. Dengan cara ini, akan lebih memahami apa tanggung jawab lembaga atau instansi pemerintah.

Setiap kota dan kabupaten akan memiliki kantor CCD yang akan menangani semua masalah administrasi pejabat negara di kota. Ruang lingkup pekerjaan serta tugas lembaga ini sangat luas dengan tanggung jawab yang besar. Semua tugas dan tanggung jawab ini didefinisikan dalam Undang-Undang.

Dalam penyebaran CCD, ada beberapa sub-bidang yang akan bekerja sesuai dengan tanggung jawab mereka. Baik itu menawarkan fasilitas, pemantauan, atau persiapan pelaporan. Untuk informasi lebih detail, berikut penjelasan mengenai BKD beserta fungsi dan tugas utamanya.

Temui Lembaga Staf Wilayah BKD

BKD merupakan instansi atau instansi pemerintah yang mengatur pelaksanaan tugas dan pelatihan PNS dalam satu bidang. Misalnya, BKD Jawa  Barat  akan bertanggung jawab atas pengelolaan, pengorganisasian, pemantauan dan penyediaan fasilitas bagi PNS di wilayah Jawa Barat.

CCD suatu kabupaten atau kota seharusnya hanya bertanggung jawab atas perawatan pegawai negeri sipil di kota yang bersangkutan dan tidak bertanggung jawab atas kota-kota lain. Dengan demikian, kewenangan hanya terbatas pada daerah. Namun, ada juga yang memiliki kewenangan nasional, yaitu badan kepegawaian nasional.

Lembaga ini akan menjalankan fungsi sebagai bagian administratif dari manajemen PNS, seperti memberikan pekerjaan atau tugas, melaksanakan pelatihan pelatihan dan masa kerja. Ketika seorang pegawai pemerintah ingin mengurus berbagai file, seperti mutasi atau pembaruan kacamata/pendidikan, ini ada hubungannya dengan lembaga ini.

Kepala BKD provinsi Jawa Barat bertanggung jawab langsung kepada pimpinan daerah untuk menjalankan fungsi sesuai dengan aturan undang-undang. Untuk mewujudkan visi dan misinya, instansi pemerintah ini akan menyelenggarakan program kerja tahunan untuk meningkatkan kerja organisasi menjadi lebih baik.

Fungsi BKD akan dituangkan dalam program kerja yang diperbarui setiap tahunnya untuk menciptakan kinerja yang efektif dan efisien. Selain itu, dalam BKD dilakukan regenerasi dalam rangka menyiapkan SDM yang handal di masa depan dan mampu menunjukkan kinerja terbaik.

Memenuhi visi dan misi BKD Jawa Barat

Visi utamanya adalah terwujudnya aparatur yang baik dan sejahtera. Untuk efeknya, tidak apa-apa; Berkualitas, bertanggung jawab, inovatif dan kreatif. Visi ini diharapkan dapat membentuk organisasi yang profesional dan bereputasi baik dalam rangka membantu kinerja pimpinan daerah. Deskripsi makna visi adalah:

  1. Kualitas, yaitu kualitas kerja yang sesuai dengan kondisi dan harapan seluruh masyarakat Indonesia.
  2. Oleh karena itu, bertanggung jawab adalah posisi yang bertanggung jawab dalam setiap kegiatan atau program kerja yang dilaksanakan.
  3. Innovative, yaitu mampu menampilkan atau menghadirkan hal-hal baru sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja.
  4. Kreatif, kemudian, untuk mengekstrak kreativitas dengan menciptakan sesuatu atau meningkatkan manfaat dari sesuatu yang sudah ada.
  5. Sejahtera, yaitu untuk menciptakan rasa nyaman dan aman bagi PNS, baik secara materi, finansial maupun spiritual.

BKD Provinsi Jawa Barat tidak hanya memiliki visi, tetapi juga menjalankan misi yang dijalankan dari waktu ke waktu. Misi ini akan berubah sesuai dengan kebutuhan pemerintah dan harus dijalankan oleh setiap pejabat di lingkungan lembaga ini. Misi berikut dilakukan:

  1. Terwujudnya sistem kepegawaian modern sesuai dengan perkembangan teknologi.
  2. Ini membantu meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan karyawan berdasarkan pekerjaan masing-masing individu.
  3. Tingkatkan profesionalisme pekerjaan karyawan dengan instruksi dan pelatihan.

Mengakui Tugas BKD Jawa Barat

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab langsung terhadap pimpinan daerah, tugas pokok BKD adalah melaksanakan pengelolaan PNS setempat. Oleh karena itu, semua hal yang berkaitan dengan administrasi karyawan di lembaga ini harus dilakukan. Tugas dan fungsi lain dari lembaga kepegawaian ini adalah:

  1. Pembuatan rencana pengaturan daerah bagi staf daerah dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan sehingga dapat membuat peraturan sesuai standar nasional.
  2. Lakukan perencanaan dan pembentukan sistem staf lokal.
  3. Melaksanakan pelaksanaan administrasike arah administrasi, pemberhentian dan mutasi PNS.
  4. Membuat draf dan memutuskan kebijakan teknis untuk pengembangan PNS setempat.
  5. Memberikan pelayanan administrasi bagi aparatur sipil negara, seperti pengangkatan, pemberhentian, pemindahan dan perubahan jabatan struktural atau fungsional yang dilakukan sesuai dengan aturan dalam peraturan perundang-undangan kepegawaian.
  6. Menyiapkan dan menetapkan kebijakan pensiun aparatur sipil negara sesuai dengan undang-undang, tarif dan standar prosedur yang berlaku.
  7. Menentukan gaji dan tunjangan untuk kesejahteraan aparatur sipil negara, mengacu pada undang-undang dan peraturan staf.
  8. Melakukan pengelolaan aparatur sipil negara dan mengelola sistem informasi kepegawaian setempat.

Berdasarkan fungsi dan tugasnya, CCD Provinsi Jawa Barat  sepenuhnya menjaga  kebijakan dan pengaturan untuk semua masalah yang berkaitan dengan pegawai negeri sipil yang didirikan atau bertugas di wilayah Jawa Barat. Selain itu, juga bertanggung jawab atas pengangkatan, promosi, serta pengelolaan pensiun karyawan.

BKD tingkatkan profesionalisme aparatur sipil negara

Penyusunan program kerja telah diatur secara matang untuk meningkatkan kinerja aparatur negara. Program kerja telah disesuaikan dengan apa tujuan pekerjaan instansi kepegawaian setempat sehingga dapat mendukung pencapaian visi dan misi lembaga. Dalam hal ini, ia beradaptasi dengan aturan perundang-undangan di tingkat pusat.

BKD Jawa Barat fokus pada peningkatan profesionalisme kerja untuk membentuk aparatur negara yang handal dan bertanggung jawab.   Dengan demikian, di masa depan, dapat menyiapkan perangkat yang andal yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Berikut beberapa program kerja yang sedang dijalankan:

  1. Pelaksanaan rekrutmen CPNS. Program ini dilaksanakan setiap tahun atau minimal 2 tahun sekali untuk mengisi lowongan kerja karena pensiun, meninggal dunia atau kebutuhan tenaga kerja tambahan.
  2. Proses reward berupa peningkatan penghargaan bagi cpns bagi penerima penghargaan dengan kinerja terbaik sebagai imbalan atas pelayanan ibadah.
  3. Rekrutmen Penerimaan IPDN Praja melalui tes diikuti oleh anak laki-laki dan perempuan setempat dan dari berbagai daerah di Indonesia.
  4. Pelayanan administrasi seperti pembuatan kartu pegawar, mengurus kartu TASPEN atau mendaftarkan tanggungan PNS yang sudah menikah.
  5. Menyelenggarakan dan menyelenggarakan ujian bagi PNS yang memenuhi syarat untuk kenaikan pangkat.
  6. Pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan  kompetensiPNS.
  7. Pelaksanaan pelatihan teknis dan instruksi di aparatur negara, baik pelatihan di daerah atau mengorganisir karyawan yang berpartisipasi dalam pelatihan di pusat BCS.

Sebagai lembaga yang membantu kerja pimpinan daerah dalam mengatur PNS, BKD memiliki tanggung jawab yang besar. BKD Provinsi Jawa Barat tidak hanya harus mengucapkan tugas yang paling penting berdasarkan fungsinya  , tetapi juga harus melaksanakan visi dan misi sebagai lembaga kepegawaian.

Sumber :